BatamKepulauan Riau

Polda Kepri bersama Ormas Islam dan tokoh Agama, Gelar Dialog dan Silaturahmi

BATAMBicara | Batam – Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri) bersama MUI Kota Batam, para pimpinan Ormas (organisasi masyarakat) Islam Provinsi Kepri dan Tokoh Agama menggelar ‘Dialog Siraturahmi’ membahas kerukunan ummat beragama. Rabu (30/3/2022).

Silaturahmi ini bertujuan untuk mewujudkan ketentraman, keamanan, kedamaian dalam menyambut Bulan suci Ramadhan 1443 H/2022, yang berlangsung di gedung PIH (Pusat Informasi Haji) Kota Batam.

Kegiatan yang bertajuk “Peran Tokoh Agama dan Ormas Islam Dalam Memperkokoh Kerukunan Umat Beragama” ini dihadiri oleh Kepala Kementerian Agama Kota Batam Drs H.Zulkarnain Umar.

Zulkarnain menyampaikan melalui moderasi beragama dan penolakan gerakan-gerakan yang menimbulkan perpecahan ditengah masyarakat sangat merusak tatanan kerukunan ummat beragama.

Sementara perwakilan dari tokoh agama hadir Ustadz Erwin Hendriawan alias Abu Gaza. Dari Polda Kepri Kanit 1 Subdit III Intelkam Polda Kepri, AKP Buskardi.

Pimpinan ormas Islam yang hadir diantaranya Muhammadiyah, Al Washliyah, NU, LDII, KBLI, BP4, Para Mubaligh (PMB), IPIM, Penyuluh agama, FUI-MUI dan seluruh pengurus MUI Kota Batam.

Ketua MUI Kota Batam Lukman Rifai, S.Ag, menyampaikan pada sambutannya tentang dialog tokoh agama bersama pimpinan ormas Islam adalah merupakan suatu ikhtiar dan salah satu tanggungjawab MUI.

“Dalam hal ini MUI adalah sebuah payung besar atau rumah besarnya seluruh ormas Islam yang ada di negeri ini adalah memiliki tanggungjawab”, sebut Lukman.

Lukman menjelaskan beberapa aspek tentang tanggungjawab, diantaranya adalah:
Masuliyah addiniyah adalah tanggungjawab keagamaan,
Masuliyah ijtamiyah adalah tanggungjawab kesosialan, dan
Masuliyah wabaniah adalah tanggung jawab kenegaraan atau kebangsaan.

“Maka dari ketiga elemen inilah kita menggelar acara dialog dan silaturahmi yang sangat strategis ini serta didukung penuh oleh Direktorat Intelkam Polda Kepri”, ungkap Lukman.

Lukman juga berharap dan tidak mau terjadi seperti riak-riak atau bahkan gesekan-gesekan yang terjadi di tengah ummat ini.

Bahwa Allah dan Rasulullah telah mengajarkan ini semua, sebagaimana dalam sebuah Hadist yang berbunyi “dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaknya ia menyambung tali silaturrahmi”, sebutnya mengutip HR. Bukhari.

Perwakilan dari tokoh agama, Erwin Abu Gaza mengatakan, didalam Islam kita mengenal Ukhuwah Islamiah, Insaniyah dan Wathaniyah. “Mari kita sikapi isu yang terjadi ditengah masyarakat yang menimbulkan perpecahan, agar selalu mengedepankan Akhlakul Karimah, ucap Erwin Abu Gaza.

Diakhir acara seluruh perwakilan ormas dan tokoh agama menandatangani Surat Pernyataan sikap untuk mendukung penuh kebijakan aparatur negara, dalam mengeliminasi setiap tindakan radikalisme, terorisme, separatisme dan komunisme demi terciptanya kerukunan umat beragama.

Surat Pernyataan sikap bersama yang ditandatangani seluruh pimpinan ormas Islam Kota Batam

(lk/bbid)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button