Batam

Rokok Tanpa Bandrol Cukai Masih Bebas Beredar di Batam

BATAMBicara | Batam – Beredarnya rokok di Batam tanpa ada pita cukai dewasa ini seakan tidak ada habisnya, hingga kini banyak menjadi perbincangan dikalangan masyarakat dan media terkait rokok Sigaret Putih Mesin (SPM) yang dijual murah tersebut.

Peredaran rokok tanpa bandrol pajak sebagai sumber penghasilan negara yang diterbitkan oleh Dirjen Bea dan Cukai itupun bebas beredar disetiap warung maupun kedai-kedai dipinggir jalan Kota Batam.

Pantauan media dilapangan, Selasa (22/3/2022), banyak ditemukan dijualnya beberapa jenis rokok tanpa cukai pajak, seperti rokok bermerk H-mild, Manchester, Rave dan banyak lagi.

Pabrik maupun perusahan yang memproduksi merk rokok ini seakan tidak merasa takut dan tidak peduli dengan pemberitaan yang sudah dirilis oleh beberapa media, dengan begitu patut di pertanyakan atau di duga siapakah dibalik maraknya rokok tanpa bandrol pajak ini? dan mengapa institusi terkait seakan-akan tutup mata.

Andi Asye, selaku Aktivis Peduli Perekonomian Batam, saat dimintai keterangan mengatakan, beredarnya rokok-rokok tanpa cukai pajak di Kota Batam ini jelas melanggar hukum dan merugikan keuangan negara.

“Selayaknya lah para stakeholder dan institusi terkait turun tangan dan dijadikan kegiatan prioritas”, ungkap Bang Andi yang sering disapa ini dengan tegas. Rabu (23/3/2022).

Bang Andi juga mengatakan agar institusi terkait segera bergerak untuk menyelesaikan dan turun ke lapangan dalam menghentikan peredaran rokok tanpa bandrol pajak cukai negara ini.

Peredaran rokok secara ilegal yang meluas ini tertuang pada rujukan peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 66/PMK.04/2018, tentang tata cara pemberian, pembekuan dan pencabutan nomor pokok pengusaha barang kena cukai.
(Rara/Charli/prolkn/bbid)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button