BatamKepulauan Riau

Akademi Manajemen Masjid ke-4 Akbar bersama Walikota Batam Hadirkan UAS sebagai Narasumber

BATAMBicara | Batam – Akademi Manajemen Masjid (AMM) ke-4 kali ini di hadiri oleh Tuan Guru Ustadz Abdul Somad (UAS) dan Ustadz Luqmanul Hakim (UNH) dari Pontianak, dilaksanakan di Hotel Golden View, Bengkong, Kota Batam. Kamis (23/12/2021).

Ketua Panitia acara AMM ke-4 Ilyas Karta, mengatakan bahwa pelatihan manajemen masjid secara akbar ini jauh hari sudah kita persiapkan.

Ketua Forsil PKM Kota Batam, Ustadz HM Tahir Abu, juga mengatakan, peserta dari pengurus masjid yang hadir semakin ramai.

“Target kita sebenarnya hanya 200 peserta dari para pengurus masjid di Kota Batam, namun melihat peserta yang hadir tadi mencapai 250 peserta”, ungkapnya.

Ketua Forsil PKM Kota Batam Ustadz Tahir Abu Lc, MA ©bbid

Ustadz Abu menambahkan, “bahwa penggabungan dari para alumni sebelumnya pada acara ini dapat kita rasakan, bahwa motivasi bagi para pengurus masjid sangat tinggi untuk membangun manajemen masjid yang lebih baik lagi”, tuturnya.

Ketua Dewan Syuro Forsil PKM-AMM, Hardi S Hood juga mengatakan pada kesempatan sambutannya bahwa peran masjid sebagai sarana edukasi yang sangat berharga di tengah-tengah masyarakat.

Ketua Dewan Syuro H Hardi Selamat Hood, Ph.D ©bbid

“Masjid selain untuk sarana ibadah, di masjid itu sendiri banyak sebenarnya pembelajaran-pembelajaran yang sangat berharga. Berawal dari kata Silaturrahim, jadi esisiensi dari kata Silaturrahim itu adalah menguatkan organisasi kita pada kerja sama untuk membangun kemakmuran masjid itu sendiri”, ungkap Hardi.

Mantan DPD RI ini juga mengajak para peserta yang notabene adalah pengurus masjid untuk bersama-sama melakukan MoU atau kesempatan untuk bekerja sama dalam pendampingan Forsil PKM (Forum Silaturrahim Penggerak Kemakmuran Masjid) agar tetap bisa bersama-sama untuk memakmurkan masjid dalam lingkup silaturahmi dan pembelajaran-pembelajaran dalam hal ilmu dan lain sebagainya.

“Tidak ada ilmu yang kami lebihkan dan tidak juga ada ilmu yang dapat kami sampaikan, bila kita tidak bekerja sama. Maka proses dalam pendampingan adalah proses keinginan bersama dalam melebihkan keinginan kebersamaan itu untuk memakmurkan masjid”, terang Hardi.

Sebelum Senator Kepri ini mengakhiri sambutannya, Hardi sebagai Ketua Dewan Penasehat sekaligus penggagas dan penggerak Forsil PKM ini mengangkat Walikota Batam HM Rudi sebagai Ketua Dewan Kehormatan Forsil PKM Kota Batam.

Sementara Walikota Batam, HM Rudi adalah ketua DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kepulauan Riau, pada kesempatan tersebut menyampaikan, dalam pembangunan sebuah masjid pasti ada tantangan.

Walikota Batam, HM Rudi ©bbid

“Saya membangun masjid Sultan Mahmud Riyad Syah, berawal dari lahan yang belum legal, namun bisa terselesaikan. Selanjutnya saya kembali membangun sebuah masjid di lokasi bandara, tentu banyak yang mengkritisi, namun saat saya menjabat sebagai kepala BP Batam, saya katakan ‘Saya akan membangun sebuah masjid di sini (kawasan bandara, Hang Nadim)”, ungkap Rudi.

Walikota Batam HM Rudi menandatangani Piagam AMM ©bbid

Rudi menuturkan dalam sebuah filosofi bahwa sifat manusia pada dasarnya adalah pemalas, namun lanjut Walikota Batam yang sudah menjabat dua periode ini menjelaskan, “jika kita tidak di berikan beban maka kita tidak bisa bangkit. Berangan lah yang positif seperti yang saya lakukan hampir setiap malam, agar rencana yang kita angankan itu bisa terakomodir dengan baik, tentunya untuk kemaslahatan orang banyak”, tuturnya.

Rudi juga mengajak Forsil PKM bersama-sama dengan DMI Kota maupun kabupaten untuk membangun ummat, dengan membuktikan bahwa kita bisa bekerja sama dalam kemaslahatan ummat, bisa melegalkan lahannya hingga membangun masjid dan mushalla di tempat atau daerah yang tidak atau belum ada masjidnya.

Selanjutnya Narasumber pertama Ustadz Luqmanul Hakim memberikan tausiah dalam tayangan video memaparkan bahwa kita akan paksa setiap orang masuk surga.

“Kami sudah melakukan untuk warga yang berdampak saat pendemi, baik muslim maupun non muslim untuk berbagi. Yang itu semua bermula dari masjid”, ungkapnya.

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button