BATAMBicara

PPKM Darurat Batam Selesai, Lanjut PPKM Level 4

BATAMBicara | Batam – Mulai hari ini, Rabu (21/8/2021) Pemerintah Kota Batam tidak lagi menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, melainkan menerapkan PPKM Level 4.

Kebijakan ini berlaku hingga 25 Juli 2021 mendatang.

“Hal ini kami lakukan PPKM Darurat berakhir dan dilanjutkan dengan PPKM Level 4 dan berakhir pada 31 Juli 2021 mendatang,” kata Rudi. Rabu (21/7/2021).

Ia menuturkan, penamaan ini dilakukan sesuai dengan asesmen Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian RI Airlangga Hartanto.

Dimana Batam termasuk ke dalam wilayah asesmen level 4, yakni level tertinggi, dilihat dari grafik peningkatan jumlah kasus Covid-19.

“Tidak ada lagi istilah PPKM Darurat, tapi saat ini PPKM level 4,” terang Rudi saat memimpin rapat di Dataran Engku Putri, Rabu (21/7/2021).

Perbedaan PPKM level 4 dengan PPKM darurat di Batam

“Pada dasarnya PPKM Darurat dengan PPKM Level 4 tidak terlalu berbeda. Bahkan pelaksanaannya juga terbilang nyaris sama, malah akan lebih diperketat,” terang Rudi.

Seperti penyekatan-penyekatan dan aturan lainnya, sambung Rudi, akan tetap dijalankan selama PPKM Level 4 ini.

“Saat ini target yang harus dilakukan yakni menurunkan level asesmennya dengan cara menekan jumlah kasus Covid-19,” jelas Rudi.

Lebih jauh Rudi berharap agar masyarakat Batam bisa bekerja sama dengan kebijakan ini dengan selalu menerapkan prokes dan menjalankan 3 M, dan mengurangi mobilitas masyarakat diluar.

“Jika semua ini dijalankan, mudah-mudahan tanggal 28 Juli 2021 kasus Covid-19 bisa ditekan,” papar Rudi.

Hal seperti apa pengetatan yang akan dilakukan nanti pada level 4, Rudi mengaku saat ini masih dipersiapkan dan begitu surat edarannya (SE) terbarunya selesai, akan langsung disebar.

“Tunggu saja ya, begitu SE terbarunya siap, akan langsung diedarkan biar masyarakat tahu mekanismesnya pada PPKM Level 4 ini,” ungkap Rudi.

Untuk angka Covid-19 sendiri, hingga saat ini di Batam meningkat.

Bahkan berdasarkan dari data Tim Percepatan Gugus Tugas Covid-19 Batam, pasien positif yang masih dirawat per tanggal 20 Juli 2021 ada 3.447 orang dengan total pasien covid-19 20.102 kasus dan meninggal dunia 464 orang.

“Bahkan Batam keseluruhannya saat ini masih zona merah, namun pasien yang sembuh sudah di angka 16.191 kasus,” pungkas Rudi.

Adakah Bantuan Pemko Batam kepada masyarakat

Dalam hal tersebut, Walikota sekaligus Ketua BP Batam ini juga meminta masukan kepada seluruh Forkominda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dokter, perawat, perbankan, tokoh agama, pelaku usaha dan perbankan terkait dengan penanganan Covid-19.

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed