oleh

Taati Lulintas, Tilang Electronik Akan Berlaku di Batam

BATAMBicara | Batam – Anda pengguna jalan dengan kenderaan? Perlu mentaati lalu-lintas pengguna jalan, demi keselamatan berkenderaan di jalan. Rencananya, Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) bakal mulai berlaku pada Juni 2021 ini di Batam.

Direktur Lalu Lintas Polda Kepri Kombes Pol Mujiono menyampaikan tahap persiapan penerapan ETLE ini sudah dirampungkan. ETLE ini bakal mulai berlaku pada Juni 2021 ini, “rencananya penerapan ETLE pada bulan ini, segala persiapan telah rampung,” ujar Mujiono, Kamis (3/6/2021).

Namun demikian, Mujiono tidak menyebutkan tanggal pasti kapan tilang elektronik ini bakal diberlakukan di Batam.

Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement yang disingkat ETLE mulai diberlakukan di beberapa wilayah di Indonesia sejak akhir Maret 2021 silam.

Program ini merupakan tindak lanjut dari rencana kerja Kapolri Listyo Sigit saat fit and proper test di DPR lalu.

Beberapa Polda di Indonesia telah menerapkan sistem elektronik tilang dan polda Lainnya saat ini tengah melakukan persiapan penerapan.

Dengan ETLE, petugas polisi lalu lintas tidak perlu melakukan penilangan, terhadap pelanggar ditengah jalan, melainkan pelanggar lalu-lintas, nantinya akan ditindak melalui sistem tilang elektronik.

Lokasi Kamera ETLE di Batam

Di Batam, alat pendukung ETLE berupa kamera sudah terpasang di sejumlah lokasi. 

Dari pantauan BATAMBicara, kamera canggih ini telah dipasang di tiga titik. Pertama, di Jalan Pattimura, arah Bundaran Punggur – Bandara Hang Nadim.

Kamera itu terpasang di ruas jalan menuju bundaran Kabil dari arah Nagoya.

Kamera kedua terpasang di Jalan Laksamana Bintan, dari arah Panasonic Sincom beberapa puluh meter sebelum lampu merah Simpang Kalista.

Lalu, kamera ketiga dipasang di Jalan Ahmad Yani dari arah Panbil menuju Simpang Kepri Mall. (bn/bb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed