oleh

Warga Tunda Berobat, Empat Puskesmas di Kota Batam Tutup Sementara

BATAMBicara | Batam – Warga yang ingin berobat di lokasi beberapa Puskesmas ini terpaksa menunda, atau memilih rumah sakit terdekat untuk berobat. Pasalnya ada empat Puskesmas di Kota Batam terpaksa ditutup sementara. Mengingat beberapa tenaga medis yang bekerja di empat Puskesmas itu terkonfirmasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi yang dikonfirmasi mengenai hal ini membenarkan hal itu. Ia mengatakan, setelah tenaga kesehatan di fasilitas layanan kesehatannya terkonfirmasi Covid-19. Selama 10 hari sejak 20 Agustus 2020, setidaknya 36 tenaga medis terkonfirmasi virus Corona.

Menurutnya, ada 4 puskesmas yang terpaksa ditutup sementara untuk mencegah penyebaran Covid-19. Empat puskesmas tersebut di antaranya Puskesmas Sei Langkai, Puskesmas Kampung Jabi, Puskesmas Mentarau dan Puskesmas Tiban Baru. “Ada empat”, jawabnya singkat, ketika dihubungi pada Ahad (30/8).

Senada dengan itu, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, turut menjelaskan dan mengaku belum ada rencana menambah jumlah tenaga medis dan kesehatan untuk mengoptimalkan kinerja pelayanan kesehatan di Kota Batam, meski ada tenaga kesehatan yang terpapar virus Corona. “Sampai dengan saat ini masih ter-cover jumlah tenaga medisnya. Tapi kalau eskalasinya mengalami lompatan-lompatan, maka kami membuka ruang untuk penambahan”, jelas Amsakar.

Warga Belum Tahu Jika Layanan Puskesmas Tiban Baru Tutup Sementara Akibat Virus Corona

Sejumlah warga juga belum mengetahui jika layanan kesehatan di Puskemas Tiban Baru, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, ditutup sementara. Puskesmas yang terletak di seberang SMPN 20 Kota Batam itu tampak sepi, tak ada satupun petugas. Gerbang pintu masuk bahkan tertutup, semua ruangan tertutup hanya ada 1 unit mobil Ambulans Puskesmas yang terparkir dihalaman samping gedung.

“Saya tidak tahu Puskesmas tutup sementara”, ringkas Ruliawan saat ingin mendaftarkan anaknya berobat ke dokter gigi.

Terlihat juga dipintu masuk Puskesmas Tiban Baru ditempel informasi pengumuman. (**)

Editor: sauth/bb.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed