oleh

Bantu Warga Mendaftar PPDB Online, RW009 Sungai Panas Membuka Loket PPDB

BATAMBicara | Batam, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Batam resmi dibuka hari ini (10/06) untuk tingkat SD dan SMP secara online. Pelaksanaan PPDB akan berlangsung 10-26 Juni 2020.

Tidak seperti tahun sebelumnya, tahun ini semua pendaftaran siswa dilakukan secara online karena adanya pandemi Covid-2019. Untuk itu semua berkas pendaftaran harus di pindai (scan) sebelum dapat melakukan pendaftaran online.

Dari hasil pantauan perangkat RW 009 Sungai Panas tidak sedikit orang tua yang hendak mendaftarkan anaknya lewat PPDB online mempunyai kemampuan mendaftar secara online dan menyiapkan berkas secara digital. “Masih banyak warga yang tidak terlalu paham bagaimana cara mendaftar secara online di portal PPDB Batam, mereka juga kesulitan untuk menyiapkan berkas untuk diupload ke web PPDB, untuk itu kami berinisiatif membuka loket di Gedung Serbaguna ini untuk membantu warga dalam mendaftarkan anaknya lewat PPDB.” tutur Aidil Fitman, Ketua RW009 Sungai Panas.

Loket pendaftaran terbuka untuk warga sekitar Villa Mas, bukan hanya untuk warga RW 009 tetapi juga warga Bengkong Indah,Bengkong Harapan, Sungai Panas, Bengkong Kolam. Dari pantauan BATAMBicara, sudah ada lebih dari 12 berkas yang masuk di meja Panitia. “Kami menerima pendaftaran untuk siapa saja yang memerlukan bantuan untuk mendaftar PPDB, bukan hanya khusus warga Villa Mas saja tetapi sekitar Villa Mas seperti Bengkong Indah, Bengkong Harapan, Bengkong Laut atau Sungai Panas silakan saja datang, kami akan berusaha membantu.” lanjut Ketua RW 009 yang gemar mengenakan topi ini.

“Kami agak kesulitan mendaftar secara online, mau mendaftar langsung ke sekolah juga tidak bisa, katanya berkas harus di scan kemudian di upload ke web pendaftaran, kami tak terlalu paham lah yang begituan mas. Kami dengar dari teman kalau disini bisa membantu mendaftarkan, makanya kami datang membawa semua berkas.” tutur seorang ibu.

Sayangnya dari pantauan BATAMBicara situs PPDB Batam yang beralamat di https://ppdb-batam.id hingga jam 12:00 hari ini belum dapat diakses karena kelebihan traffic pendaftar sehingga servernya down. Menurut Kadis Pendidikan Batam, Hendri Arulan, sistem pendaftaran diatur dalam satu waktu hanya boleh 1.000 orang membuka laman. Jika lebih dari 1.000 tidak bisa masuk, tapi sistemnya seperti antrian, jadi yang membuat antrian sistem bukan manusia lagi.

Menyikapi web PPDB yang belum dapat diakses Ketua RW 009 kembali mengatakan bahwa berkas pendaftaran tetap akan diterima namun prosesnya menunggu website PPDB setelah dapat diakses.

“Kami tetap menerima berkas pendaftaran, namun berhubung website belum dapat diakses maka proses pendaftarannya menunggu website PPDB aktif kembali, mohon bapak dan ibu bersabar karena jadwal pendaftaran pun masih lama hingga tanggal 26 nanti. Kami disini hingga malam jadi kalau bapak atau ibu yang belum bisa datang siang hari silakan datang nanti malam, tentunya tetap menjaga jarak, jangan berkerumun dan menggunakan masker kalau mau dilayani.” tutur Aidil Fitman.

Tahap Mendaftar PPDB Secara Online

Dilansir dari laman resmi ppdb-batam.id, terdapat 4 tahap yang harus ditempuh untuk mendaftar PPDB secara online.

  1. Calon peserta PPDB mengisi formulir pendaftaran secara online pada website http://ppdb-batam.id dan mencetak formulir PPDB pada website tersebut.
  2. Calon peserta PPDB selanjutnya mengirim formulir pendaftaran dan dokumen persyaratan lainnya melalui WhatsApp ke nomor WhatsApp operator sekolah yang telah ditentukan.
  3. Setelah itu, operator sekolah akan memverifikasi peta lokasi peserta PPDB, NIK, tanggal lahir (isian data formulir PPDB) berikut dengan berkas persyaratan lainnya.
  4. Calon peserta PPDB yang telah diverifikasi, dapat mencetak tanda bukti pendaftaran di http://ppdb-batam.id

Pengumuman Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dilaksanakan pada 29 Juni 2020. Sementara proses daftar ulang Tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dilaksanakan pada Juli 2020.

Jadwal PPDB SD/SMP

Pendaftaran : 10 s/d 26 Juni 2020 pukul 01.00-23.00
Verifikasi Berkas PPDB (Berkas dikirim via Whatsapp: 10 s/d 26 Juni 2020 pukul 08.00-14.00
Seleksi PPDB: 27 s/d 28 Juni 2020 pukul 08.00-14.00
Pengumuman Hasil Seleksi PPDB : 29 Juni 2020 pukul 01.00-23.00
Daftar Ulang : 30 Juni s/d 2 Juli 2020 pukul 01.00-23.00
Persyaratan Umum SD

  1. Usia peserta didik 7 s.d 12 tahun
  2. Paling rendah 6 tahun pada 1 Juli 2020
  3. Pengecualian usia paling rendah 5 tahun 6 bulan pada 1 Juli 2020 diperuntukkan bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikologi profesional.

Persyaratan Umum SMP

  1. Usia peserta didik paling tinggi 15 tahun
  2. Memiliki dokumen yang menjelaskan telah menyelesaikan kelas 6 SD

PPDB Jalur Prestasi menggunakan

  1. Akumulasi nilai rapor selama lima semester terakhir ; dan/atau
  2. Prestasi akademik dan non akademik di luar rapor sekolah

Kelengkapan Berkas Pendaftaran SD/SMP

  1. KK asli ; dan/atau
  2. Bagi peserta didik dari luar daerah, atau yang bertempat tinggal berbeda dengan KK, maka KK dapat diganti dengan surat keterangan domisili dari RT/RW dilegalisir oleh Kelurahan yang menerangkan bahwa peserta didik telah berdomisili paling singkat 1 tahun sejak diterbitkan surat keterangan (KK juga tetap difotokan)
    Selanjutnya bagi peserta didik dari luar daerah, harus melapor ke dinas pendidikan untuk pindah rayon.
  3. Surat Keterangan Lulus Kelas VI SD
  4. Surat Keterangan Akumulasi nilai rapor selama 5 semester
  5. Sertifikat Prestasi Akademik dan Non-akademik diluar rapor
  6. Kartu PKH/KIP (Jalur Afirmasi)
  7. SK Mutasi Orang Tua (Jalur Perpindahan Orang Tua)

Berkas yang akan dikirim calon peserta didik di antaranya:

  1. Kartu Keluarga, dan/atau
  2. Kartu Keluarga dapat diganti dengan surat keterangan domisili dari RT dan RW dilegalir oleh lurah sesuai domisili calon peserta didik (KK tetap dilampirkan)
  3. Kartu PKH / KIP bagi jalur afirmasi.
  4. SK mutasi bagi jalur perpindahan orang tua.
  5. Surat keterangan telah menamatkan kelas VI SD.
  6. Surat keterangan prestasi akademik dengan akumulasi nilai rapor selama 5 semester terakhir (jalur prestasi nilai rapor)
  7. Sertifikat akademik dan non akademik bagi siswa berprestasi (nilai prestasi diluar rapor).

(str/bb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed