oleh

Pandemi Belum Usai, Pemko Batam Siapkan 415rb Paket Sembako Untuk Warga Batam

Batambicara.id (6/4/2020) | Batam – Berkaitan dengan rencana karantina wilayah Batam, data warga yang berhak mendapatkan bantuan harus segera diselesaikan. Dalam hal ini Pemerintah Kota (Pemko) Batam mulai mendata warga untuk pemberian sembako melalui perangkat RT/RW disetiap kelurahan yang ada di Batam.

Pendataan warga tersebut untuk diberikan sembako gratis dimana sebagai dampak dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau isolasi warga.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sekaligus juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam, Azril Apriansyah yang mengutip Kumparan mengatakan, saat ini tim dari kecamatan sedang mendata semua warga. “Sedang didata dan dimatangkan programnya, untuk berapa jumlah yang terkumpul nanti informasi dari camat,” kata Azril saat dikonfirmasi, Minggu (5/3).

Kata dia, sebagaimana disampaikan Wali kota Batam Muhammad Rudi bersama Forkopimda di panggung utama Engku Puteri, Selasa (31/3) lalu. Bahwa lebih kurang 415.000 KK di Kota Batam akan didata masyarakat yang terdampak akibat adanya Covid-19 ini. “Perkiraan awal sekitar lebih dari 200.000 KK yang kemungkinan akan diupayakan diberikan bahan pokok, tapi sekali lagi data realnya setelah Camat selesai mendata,” jelasnya.

Saat ini tim sedang bekerja untuk melakukan pendataan dan diharapkan dalam beberapa hari ini tuntas datanya,” tambah dia. Sebelumnya Wali kota Batam, Muhammad Rudi juga menyatakan hal yang sama. Saat meneria PCR dari Konjen Singapura, Rudi sempat menyinggung terkait bantuan bahan pokok.

Menurut Rudi, pemerintah kota saat ini sedang mendata warga terdampak yang layak diberi bantuan. Selanjutnya akan dilakukan verifikasi sekaligus pencatatan data berupa nama, alamat, dan nomor telepon. “Setelah itu dibuatkan SK. Mereka yang berhak akan dihubungi lewat HP untuk penyerahan sembako. Nanti pada saat penyerahan harus tetap diterapkan pengaturan social distancing,” ujarnya.

Dalam pertemuan beberapa tokoh agama dan masyarakat bersama Walikota Batam juga membahas beberapa hal, diantaranya:

  1. Menyiapkan Sembako sebanyak 415 ribu paket jika Batam total lockdown.
  2. Pemerintah Mewajibkan penggunaan masker!
  3. Physical Distancing (Jaga Jarak) dan disarankan tidak boleh ada kerumunan!
  4. Berolah Raga.

“Semoga semua akan segera terealisasi dengan baik dan merata. Yang pastinya Batam kembali kondusif dari pandemi apalagi sebentar lagi masuk bulan suci Ramadhan. Semoga Batam akan lebih baik”, ungkap salah seorang tokoh masyarakat yang mengikuti pembahasan tersebut. **

Gambar: Walikota Batam membahas 415rb paket sembako untuk masyarakat Batam, jika lockdown daerah diberlakukan bersama tokoh agama dan masyarakat (foto: Erwin AG/fb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed