Kepulauan Riau

Bawaslu Tanjungpinang ajak jurnalis perkuat pengawasan Pemilu 2024

Tanjungpinang (BATAMBicara) – Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, berupaya menggalang jurnalis untuk memperkuat pengawasan pemilu dan pilkada serentak pada tahun 2024.

Ketua Bawaslu Tanjungpinang Muhamad Zaini di Tanjungpinang, Senin, mengatakan bahwa jurnalis dan media massa memiliki peran strategis dalam pilkada. Jurnalis dan media massa dapat mendorong lahirnya pesta demokrasi yang berkualitas.

Berdasarkan pengalaman selama pemilu dan pilkada, kata dia, jurnalis tidak hanya membantu pemberitaan terkait dengan sosialisasi pemilu dan mendorong pemilih menggunakan hak suaranya, tetapi juga mendorong terciptanya pemilu dan pilkada tanpa politik uang.

Sejumlah jurnalis kerap memberikan informasi kepada Bawaslu Tanjungpinang terkait dengan dugaan pelanggaran pemilu. Informasi dari jurnalis baik secara lisan maupun dalam pemberitaan kerap ditindaklanjuti karena dianggap akurat.

Dari pengalaman pengawasan partisipatif selama pemilu dan pilkada, menurut dia, jurnalis juga memiliki harapan yang besar agar tercipta pemilu yang berkualitas.

“Jurnalis tidak hanya mengingatkan penyelenggara pemilu agar bekerja secara maksimal, tetapi juga berperan aktif mencegah terjadinya politik uang dan menjaga netralitas ASN, TNI, dan Polri,” ujarnya.

Zaini menuturkan bahwa jurnalis dan media massa tempatnya bekerja merupakan mitra kerja strategis bagi Bawaslu Kota Tanjungpinang. Oleh karena itu, pihaknya terus menjalin hubungan kemitraan yang bersifat positif, termasuk melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas pemilu.

Setiap menjelang pemilu dan pilkada, pihaknya kerap menggelar kegiatan yang berhubungan dengan pengawasan partisipatif yang melibatkan jurnalis yang berpengalaman sebagai narasumber. Peserta dalam kegiatan tersebut juga jurnalis aktif yang melakukan peliputan persoalan pemilu dan pilkada selama ini.

Menjelang pemilu dan pilkada serentak pada tahun 2024, pihaknya menggelar kembali sosialisasi pengawasan partisipatif dengan melibatkan jurnalis sebagai salah satu narasumber dan puluhan jurnalis sebagai peserta.

“Lusa kami menggelar acara sosialisasi pengawasan partisipatif dengan melibatkan jurnalis. Kami berharap jurnalis menjadi mitra strategis dalam pengawasan partisipatif pada pemilu dan pilkada serentak pada tahun 2024,” ucapnya.

© 2021 ANTARA

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button