Kepulauan Riau

KPHL bersama Polda Kepri dan Aktivis Lingkungan Tanam Pohon Species Dipterocarpaceae

BATAMBicara | Batam – Dalam rangka menyambut Hari Hutan Sedunia, Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Unit II Batam bersama Polda Kepri dan aktivis lingkungan hidup menanam jenis pohon species Dipterocarpaceae, yang mana program tersebut untuk melanjutkan lanjutkan program merawat asa Iriana Jokowi. Ahad (27/3/2022).

Kegiatan penanaman jenis species Dipterocarpaceae adalah yang merupakan sekelompok tumbuhan pantropis yang anggota-anggotanya banyak dimanfaatkan dalam bidang perkayuan ini bertajuk tema ‘Aksi Perubahan Suarakan Keresahanmu dan Jadi Bagian Perubahan Untuk Keberlangsungan Bumi Kita’ berlangsung selama 2 hari di WTP Sei Ladi Kelurahan Baloi Kecamatan Lubuk Baja Kota, Kota Batam Kepulauan Riau.

Rangkaian kegiatan di hari pertama, merupakan seremonial dengan menampilkan tarian selamat datang serta iringan musik khas Kalimantan (Borneo) oleh Borneo Berbagi Kasih, diisi live Akustik Alam dan puisi Alam oleh lintas suara, Performan oleh Charmelitadhita Miss Indonesia 2022 Perwakilan Kepri dengan menyanyikan lagu Rayuan Pulau Kelapa.

Talk Show diskusi Hutan oleh Ketua KPLHB, sementara sebagai narasumber oleh KPHL II Batam, dan BU SPAM – BP BATAM serta Mapala, dilanjutkan dengan Api Unggun dan Ramah Tamah Alam serta iringan Akustik Alam.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Lanud Hang Nadim Batam, Lanal Batam, Polda Kepri, Kejari Batam, Yonif 136/Tuah Sakti, Kadis Linkungan Hidup Kota Batam, Ditpam Batam, Sat Pol PP Batam, Hanggala Agni Daops Batam, BKSDA Seksi II Batam, Pos Gakkum Kement LHK Kepri, Jasa Raharja Batam, Gugus depan Pramuka Kota Batam, PBNU Kepri, LPBI NU Kepri, dan PT Ecogreen.

Di hari ke dua, dilanjutkan dengan penanaman pohon dengan beberapa jenis bibit species Dipterocarpaceae diantaranya Shorea Leprosula (Meranti Bunga), Shorea Curtisi (Meranti Seraya) dan Shorea Robusta (Pohon Sala) oleh seluruh peserta undangan dan kelompok Mapala, yang di awali oleh kelompok pelestarian lingkungan hidup dan budaya sesuai arahan teknis Bapak ‘Kesuma Wijaya’ sebagai anggota Dinas Lingkungan hidup dan Kehutanan Kota Batam.

Direktur KPLHB dan juga sebagai ketua panitia kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan berkesinambungan kelanjutan dari penanaman mangrove sebelumnya dilaksanakan oleh Polda Kepri bekerjasama dgn KPLHB.

“Dan ini (kegiatan menanam pohon) akan terus berlanjut dengan kegiatan pelestarian hutan lainnya sampai nanti di momen yg besar pada bulan Juli 2022 dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara”, sebut Feri Iryandi. []

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button