Kepulauan Riau

Wali Kota Tanjungpinang minta pedagang pasar ikan KUD direlokasi

Tanjungpinang (BATAMBicara) – Wali Kota Tanjungpinang, Kepri, Rahma meminta pihak BUMD yang mengelola pasar ikan KUD segera merelokasi para pedagang menyusul kejadian robohnya pasar tersebut, Sabtu.

Menurutnya pasar berbahan beton itu harus segera dikosongkan sebagai langkah antisipasi hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan pedagang maupun pembeli.

“Saya minta seluruh pedagang patuh agar tidak terjadi hal seperti ini, kita sudah memberikan laluan untuk merelokasi pedagang yang ada di pasar ini. BUMD harus segera mencari solusi agar pedagang direlokasi guna mengantisipasi kejadian yang membahayakan ini,” kata Rahma di Tanjungpinang, Sabtu.

Rahma mengatakan sejak 2019 Pemkot Tanjungpinang terus menggesa pemerintah pusat membangun pasar KUD, karena awal mula berdiri tahun 1969 dan direvitalisasi tahun 1992, hingga saat ini belum pernah dilakukan perawatan maupun peremajaan kembali.

Menurutnya beberapa waktu lalu, Anggota DPR RI Cen Sui Lan juga sempat meninjau untuk kelanjutan pembangunan pasar tersebut, karena dinilai sudah sangat layak dibangun guna memberi kenyamanan dan keamanan bagi pedagang dan pengunjung pasar.

Ia mengakui kekuatan APBD Kota Tanjungpinang tidak mampu untuk membangun pasar tersebut, maka itu pihaknya berinisiatif meminta anggaran dari pusat.

“Kami akan kembali bertemu dengan Kementerian Perdagangan untuk membicarakan kondisi terkini dan kabar robohnya pasar KUD,” ujar Rahma.

Pasar yang berdiri di atas pelantar KUD itu roboh sekitar pukul 09.45 WIB, yang menyebabkan puluhan kendaraan sepeda motor jatuh ke laut.

Selain itu, terdapat sejumlah korban luka-luka terkena reruntuhan bangunan, di antaranya ada seorang wanita hamil tujuh bulan, dan seorang anak usia 5 tahun mengalami patah tulang pada jari kelingking dan jari manis. Saat ini kondisi korban stabil dan sudah diberikan penanganan di RSUD Tanjungpinang.

© 2021 ANTARA

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button