Kepulauan Riau

PPKM level 3 Satpol PP Kepri tingkatkan pengawasan di tempat keramaian

Tanjungpinang (BATAMBicara) – Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Kebakaran Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) meningkatkan pengawasan di tempat-tempat keramaian yang berpotensi menimbulkan kerumunan menyusul status PPKM level 3 di daerah tersebut.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Hendri Kurniadi memastikan pemantauan pelaksanaan PPKM level 3 sesuai dengan aturan yang ada dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 14 Tahun 2022.

“Masyarakat diharapkan mengikuti aturan pemerintah agar wilayah Kepri tidak naik ke level 4, yang artinya tingkat penyebaran virus sangat tinggi,” katanya di Tanjungpinang, Jumat.

Hendri juga telah menginstruksikan jajarannya untuk menyusun langkah-langkah antisipasi terjadinya kerumunan masyarakat, salah satunya patroli rutin ke tempat-tempat berpotensi tinggi penyebaran COVID-19, mulai dari pusat perbelanjaan, restoran, rumah makan/kedai kopi, hingga tempat hiburan dan wisata.

Pihaknya memastikan jumlah pengunjung dan jam buka tempat-tempat tersebut sudah sesuai dengan ketentuan dalam aturan PPKM terbaru.

“Ini sesuai permintaan gubernur agar sosialisasi protokol kesehatan kembali digiatkan, karena belakangan warga terpantau sudah mulai abai, seperti tak pakai masker,” ujar Hendri.

Secara terpisah, Gubernur Kepri Ansar Ahmad meminta masyarakat tidak mengabaikan protokol kesehatan di tengah lonjakan kasus COVID-19.

Dari data Satgas Penanganan COVID-19 per 3 Maret 2022, menurutnya, jumlah kasus aktif tercatat 4.017 orang. Namun demikian, Ansar mengklaim angka BOR rumah sakit masih tergolong rendah, yaitu sekitar 25,23 persen.

“Disiplin penerapan protokol kesehatan kunci mengendalikan penyebaran COVID-19. Di samping itu, warga yang belum divaksin, segera vaksin agar kekebalan tubuh terbentuk,” kata Ansar.

Sesuai dengan Inmendagri Nomor 14 Tahun 2022, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menetapkan enam kabupaten/kota di Kepri berstatus PPKM level 3, yakni Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kota Batam, dan Kota Tanjungpinang.

Sedangkan Kabupaten Lingga, menjadi satu-satunya wilayah di Kepri berstatus PPKM level 2.

© 2021 ANTARA

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button