Kepulauan Riau

Masa jabatan Bawaslu Kepri berakhir September 2022

Tanjungpinang (BATAMBicara) – Masa jabatan tiga dari lima anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau berakhir pada September 2022 sehingga akan dilakukan penyeleksian dalam waktu dekat.

Anggota Bawaslu Kepri Indrawan, di Tanjungpinang, Sabtu mengatakan, tiga rekan kerjanya yang berakhir masa jabatan pada September 2022 yakni Muhamad Sjahri Papene, Idris, dan Rosnawati.

“Sementara masa jabatan saya dan Pak Said Abdullah Dahlawi berakhir pada 25 Juli 2023,” katanya.

Sebelum tahun 2018, kata dia jumlah anggota Bawaslu tingkat provinsi, termasuk Kepri hanya tiga orang. Kemudian dilakukan penambahan dua anggota Bawaslu tingkat provinsi berdasarkan amanah UU Nomor 2017 tentang Penyelenggaraan Pemilu.

Bawaslu RI pada April 2018 melaksanakan penyeleksian melalui lima anggota tim seleksi yang ditetapkannya untuk menambah dua Komisioner Bawaslu Kepri berdasarkan UU Nomor 7/2017.

“Penyeleksian selanjutnya untuk memilih dan menetapkan tiga anggota Bawaslu Kepri periode 2022-2027 mulai Mei 2022, diawali dengan pembentukan tim seleksi yang berjumlah lima orang,” tuturnya.

Sampai saat ini, menurut dia tim seleksi Anggota Bawaslu Kepri belum terbentuk. Bawaslu RI memiliki kewenangan untuk memilih dan menetapkan lima anggota tim seleksi tersebut.

“Sampai sekarang belum dilakukan perekrutan tim seleksi. Kemungkinan mulai April 2022,” ujarnya.

Indrawan belum dapat memastikan apakah ketiga rekannya kembali mencalonkan diri sebagai anggota Bawaslu Kepri atau tidak.

“Kalau saya sudah dua periode sehingga tidak dapat mencalonkan diri kembali sebagai anggota Bawaslu Kepri,” ucapnya.

 

© 2021 ANTARA

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button