Kepulauan Riau

Jupiter Aerobatic Team TNI AU jajal langit Singapura di Singapore Air Show

Batam (BATAMBicara) – Tim aerobatik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU), Jupiter Aerobatic Team (JAT), tampil memukau di Singapore Air Show 2022, meskipun kondisi cuaca di langit Singapura relatif berawan, Rabu.

JAT menampilkan 14 manuver di ajang internasional itu, yaitu Jupiter Roll, Delta Loop, Eagle to Arrow Head Loop & Break Off, Twin Half Cuban, Jupiter Wheel, dan Tango to Diamond Loop.

Selanjutnya ada Mirrow, Screw Roll, Heart, Roll Slide Solo Spin, Five Card Pass, Leaser Benefit & Roll Back, dan ditutup dengan manuver Clover Leaf & Cascade.

Seluruh manuver tersebut dilaksanakan dengan lancar dalam waktu sekitar 15 menit. Cuaca mendung sempat meliputi jelang enam pesawat lepas landas dari bandara di Batam.

Sebelumnya, Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Udara (Asops Kasau) Marsekal Muda (Marsda) TNI Muhammad Khairil Lubis mengingatkan seluruh personel JAT mengantisipasi dan memperhatikan cuaca saat tampil di Singapore Air Show 2022.

Khairil Lubis, yang meninjau dan memberikan pengarahan secara langsung kepada Tim JAT, juga mengingatkan tim kebanggan Indonesia tersebut untuk tidak percaya diri secara berlebihan. Tim JAT merupakan duta yang membawa nama baik angsa dan negara di kancah internasional.

Sementara itu, Komandan Wing Pendidikan Terbang (Wingdik Terbang) Kolonel Pnb Feri Yunaldi melaporkan secara umum seluruh kegiatan terlaksana dengan aman dan lancar dari pertama mendarat di Batam hingga pembukaan SAS 2022.

Komandan Skadik 102 Landasan Udara Adisutjipto, sekaligus Leader JAT, Mayor Pnb Ripdho Utomo juga menyampaikan terdapat beberapa atraksi yang relatif rumit, di antaranya Solo Spin, karena harus dilakukan pada altitude yang rendah.
 

© 2021 ANTARA

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button