BATAMBicara
Bangkit dari pandemi, Batam bertekad kembalikan gemilang pariwisata

Bangkit dari pandemi, Batam bertekad kembalikan gemilang pariwisata

Batam (BATAMBicara) – Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, bertekad mengembalikan gemilang sektor pariwisata setempat seperti sebelum pandemi COVID-19 menyerang dunia, seiring dengan makin terkendalinya penularan COVID-19.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyampaikan untuk mencapai gemilang pariwisata seperti dulu, semua pihak harus saling membantu dalam menangani pandemi.

“Ayo bersama menangani pandemi ini, taati protokol kesehatan dan ikuti vaksinasi. Kalau pandemi ini selesai maka pariwisata akan bangkit dan perekonomian Batam kembali melejit,” kata Wali Kota di Batam, Sabtu.

Demi menyongsong kembali berjayanya sektor pariwisata, Pemkot Batam juga bebenah untuk mempercantik kota dengan membangun infrastruktur, sambil tetap fokus pada penanganan pandemi COVID-19.

Persiapan itu, kata Wali Kota, untuk menambah kenyamanan pelancong saat menghabiskan waktu di Batam.

Ia percaya, apabila pariwisata bangkit, ekonomi kota akan ikut berputar. Restoran, hotel, pusat perbelanjaan, pusat oleh-oleh, objek wisata, hingga PKL akan ramai oleh pelancong.

“Kita ingin uang-uang ini kembali berputar lagi di Batam,” kata dia.

Wali Kota menyampaikan, sebelum pandemi, sedikitnya enam juta pelancong dalam negeri datang ke Batam. Dan pada 2019, tercatat 1,9 juta wisatawan mancanegara  berkunjung ke kota kepulauan itu.

“Bayangkan sebelum pandemi, wisatawan Nusantara saja yang datang 6 juta orang. Kalau mereka membelanjakan minimal Rp2 juta satu orang, maka triliunan rupiah uang berputar di Batam,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, ia memaparkan angka kesembuhan pasien COVID-19 di Batam mencapai 96,6 persen atau 24.941 orang yang dinyatakan pulih dari total yang terpapar sebanyak 25.800 orang.

Hingga 9 Oktober, hanya tersisa 22 kasus aktif COVID-19 di Kota Batam.

© 2021 ANTARA

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed