BATAMBicara
BP Batam perluas kerja sama internasional dengan pertemuan bisnis

BP Batam perluas kerja sama internasional dengan pertemuan bisnis

Batam (BATAMBicara) – Badan Pengusahaan kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam memperluas kerja sama internasional melalui pertemuan bisnis dengan sejumlah perwakilan kedutaan asing, asosiasi asing, juga Kadin dan Hipmi di Jakarta.

“Guna mendorong kembali kebangkitan geliat investasi di Batam, Badan Pengusahaan melalui Kantor Perwakilan BP di Jakarta menyelenggarakan kegiatan Business Gathering bersama kedutaan asing, asosiasi asing, Kadin Indonesia dan Hipmi di Jakarta,” kata Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam Ariastuty Sirait dalam keterangan di Batam, Senin.

Kegiatan pertemuan bisnis itu merupakan agenda Bagian Hubungan Antar Lembaga dan Promosi Kantor Perwakilan Jakarta, guna memberikan informasi terkini seputar perkembangan Batam, capaian BP Batam, dan rencana proyek ke depan, kepada stakeholders di Jakarta, khususnya kedutaan dan asosiasi asing.

“Ini juga dimaksudkan untuk mempererat hubungan dengan kedutaan dan asosiasi asing sebagai pintu masuk untuk informasi kepada calon investor asing,” kata dia.

Disebutkan, para undangan nampak tertarik terhadap proses perizinan di Batam, juga kerja sama dengan kawasan sejenis di dunia.

“Selain itu mereka juga ingin mengetahui tentang dampak COVID-19 terhadap dunia usaha di Batam,” kata dia.

Dua tahun sejak 27 September 2019, kini Batam semakin gemilang sebagai kawasan tujuan investasi. Kawasan itu memiliki kesiapan infrastruktur yang handal dan kemudahan perizinan serta kebijakan manajerial yang ramah investasi.

Menurut dia, meski pandemi melanda dunia global dan menghantam sektor ekonomi, termasuk Indonesia, namun Kawasan Batam mampu bertahan dalam situasi sulit, bahkan tercatat pencapaian investasi dan kegiatan ekspor justru terus menunjukkan tren positif.

Terlebih, Batam berlokasi di tempat strategis dan berada di jalur pelayaran internasional, serta didukung oleh sinergitas koordinasi manajerial yang positif antara Pemerintah Kota Batam dan Badan Pengusahaan Batam.

Keunggulan itu memberikan dampak pada pembangunan progresif, yang membawa Batam menjadi satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia meski pandemik melanda.

Kepala Kantor Perwakilan Jakarta Purnomo Andiantono menyampaikan pertemuan bisnis merupakan agenda rutin di Bagian Hub Antar Lembaga dan Promosi, sebagai upaya menjaga hubungan yang apik antara BP Batam dengan mitra internasional sekaligus upaya memperluas realisasi penanaman modal asing di Batam.

 

© 2021 ANTARA

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed