BATAMBicara
Masyarakat Kepri dapat melihat Gerhana Bulan Total

Masyarakat Kepri dapat melihat Gerhana Bulan Total

Batam (BATAMBicara) – Masyarakat Kepulauan Riau dapat melihat Gerhana Bulan Total yang diperkirakan terjadi pada malam ini, Rabu (26/5).

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam, Aprilia Susilowati mengatakan, gerhana bulan adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bumi, sehingga cahayanya tersebut tidak semuanya sampai ke bulan.

“Jadi untuk di Batam, diperkirakan mulai terjadi pukul 18.09 hingga pukul 20.51, namun puncaknya itu diperkirakan pukul 18.18,” ucap Aprilia kepada ANTARA melalui telepon, Rabu.

Ia melanjutkan, berdasarkan data yang pihaknya miliki, tidak ada perbedaan waktu mulainya Gerhana Bulan Total di Batam dan wilayah Kepulauan Riau lainnya.

“Dari data kami, jam mulainya sama untuk di Tanjungpinang, Karimun, Batam sampai di Ranai juga sama. Yaitu diperkirakan mulai terjadi pukul 18.09,” lanjutnya.

Ia juga mengatakan, bahwa Gerhana Bulan Total yang diperkirakan terjadi pada malam ini, dapat dilihat dengan jelas jika cuacanya cerah.

“Dapat dilihat jelas mungkin dikarenakan posisi bulan dekat dengan bumi, sehingga malam ini bulannya terlihat lebih besar. Fenomena ini disebut juga Super Blood Moon,” katanya.

Terpisah, Kepala Stasiun BMKG Hang Nadim Batam, Addi Setiadi mengungkapkan, ada dampak lain dari terjadinya Gerhana Bulan Total.

“Bahwa ada potensi terjadinya banjir pesisir atau banjir rob dari tanggal 26 sampai dengan 31 mendatang. Tetapi, untuk di Batam diperkirakan terjadi pada tanggal 26 Mei 2021,” ungkapnya.

Adapun potensi terjadinya banjir pesisir atau banjir rob, dikarenakan  pasang laut yang naik dan angin kencang yang membuat ketinggian laut naik.

© 2021 ANTARA

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed