Keluarga

Masjid Jama’atul Huda Cendana Batam Sembelih 6 Sapi dan 13 Kambing di Hari Raya Qurban 1443 H

BATAMBicara | Batam – Masyarakat Perumahan Cendana, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota menyembelih hewan Qurban Sapi dan Kambing, Azhar selaku Ketua panitia Qurban Masjid Jama’atul Huda Cendana, bersama Tim Panitia melaksanakan pemotongannya yang disaksikan oleh peserta Qurban di lakukan dihalaman Fasum (Fasilitas Umum) Perum Cendana. Ahad (10/07/2022).

Azhar mengatakan bahwa, Panitia sudah mempersiapkan fasilitas Qurban, seperti tempat khusus atau area penyembelihan yang sudah di keramik/marmer, krangkeng khusus Hewan, Alat Katrol, Alat potong Tulang electrik, hingga Lubang untuk menanam bagian yang tidak dibutuhkan. Terlihat dilokasi Panitia sangat memprioritaskan keselamatan kerja (safety).

“Alhamdulillah tahun ini sudah ada 6 Sapi dan 13 ekor Kambing, harapannya dapat bertambah lagi pada perayaan Qurban berikutnya,” kata Azhar.

Baca juga: Bayi di Batam Ini Dioperasi Kolostomi, Ardillah Tahankan Sudah 6 Bulan

Penjelasan serupa juga disampaikan oleh Rofii, yang melaksanakan penyembelihan. Adanya fasilitas kerangkeng besi yang memberikan kenyamanan hewan dan keamanan petugas selama proses penyembelihan berlangsung, serta tempat penyaluran darah saat memotong yang telah disiapkan dan perlengkapan lainnya. Menurutnya ini (safety) membuat pekerjaan lebih bersih, rapi, mudah dan cepat.

“Sebetulnya tahun ini cukup banyak masyarakat yang niatnya ingin berqurban, tetapi kondisi saat ini, hewan seperti Sapi tidak tersedia. Tahun ini hanya bisa 6 ekor Sapi dan 13 ekor Kambing, dibandingkan tahun lalu jumlah Qurban 9 ekor sapi, jumlah panitia pun disesuaikan dengan kondisi jumlah hewan qurban”, ungkapnya.

Tampak beberapa peserta dengan senyum bahagia bisa berqurban dan langsung menyaksikan penyembelihannya. Seperti Roni. Ia bersyukur bisa berqurban tahun ini dan mengatakan, semoga tahun berikutnya juga diberikan rezqi sehingga dapat ikutan lagi.” tandasnya. (dc/bb)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button