BATAMBicara

Cara Mengatasi Tantrum Pada Anak

Batambicara.id – Tantrum merupakan sebuah cara bagi anak untuk meluapkan emosinya dengan menangis atau berguling – guling dilantai. Biasanya dialami oleh anak yang berumur dibawah 4 tahun walau tidak menutup kemungkinan juga dialami oleh orang dewasa dalam keadaan tertentu.

Penyebab Tantrum pada Anak

Tantrum umumnya disebabkan oleh terbatasnya kemampuan bahasa anak untuk mengekspresikan perasaannya. Sehingga mereka hanya bisa meluapkan emosinya dengan cara meronta, berteriak, menangis, menjerit, serta menghentakkan kedua kaki dan tangannya ke lantai. Pada kasus tertentu, tantrum pada anak mungkin bisa disebabkan oleh gangguan psikologis, seperti autisme.

Selain itu, tantrum juga bisa menjadi ajang anak melakukan observasi dan mengenali cara mendapatkan keinginanannya. Misalnya, saat anak mengamuk untuk mendapatkan sesuatu dan jika anda menuruti keinginannya, ia akan mengulangi cara tersebut di kemudian hari. Jika terus dibiarkan, hal tersebut bisa menjadi kebiasaan buruk bagi Si Kecil.

Cara Mengatasi Tantrum pada Anak seperti yang dikutip dari alodokter.com

1. Tetap tenang

Tetap tenang dengan tidak membalas berteriak atau memaksa anak menghentikan amukannya. Sikap yang tenang akan membuat tantrum Si Kecil lebih mudah untuk diatasi. anda juga bisa mengajak Si Kecil ke tempat yang lebih sepi dan tenang guna menenangkan emosinya.

2. Cari tahu penyebab tantrum

Salah satu cara untuk mengetahuinya bisa dengan lansung menanyakan pada sang anak untuk dapat mengenali penyebab tantrum tersebut, jika sudah mengetahuinya anda akan lebih mudah mengatasinya

3. Alihkan perhatian Si Kecil

Anak kecil sangat mudah melupakan sesuatu dan tertarik pada hal baru. Bunda bisa memanfaatkan hal ini untuk mengalihkan perhatiannya saat tantrum. Misalnya, anda bisa memberikan mainan yang sudah lama tidak dimainkan atau memberikan camilan kesukaannya saat anak berteriak, marah, atau terlihat rewel.

4. Jangan memukul anak

Saat Si Kecil mengalami tantrum, jangan memukul atau mencubitnya. Sebagai gantinya, anda bisa memeluk atau mencium Si Kecil untuk menenangkan emosinya. Selain menenangkan, pelukan dan ciuman juga bisa menjadi cara untuk menunjukkan bahwa anda benar-benar peduli dan mencintai mereka.

Jika tantrum pada anak tampak terlalu sering, atau membuatnya menyakiti dirinya atau orang lain, anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendiskusikan perilaku tersebut dan cara tepat menanganinya.

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed