Kajian Jum'at

Sholawat Memiliki Banyak Keutamaan, Salah Satunya Untuk Obat Penyembuh Sakit

Hari Jumat merupakan waktu istimewa bagi umat Islam, selain diwajibkan melaksanakan shalat Jumat, umat Muslim juga dianjurkan perbanyak membaca sholawat khusus pada hari Jumat

BATAMBicara | Bacaan sholawat nabi mengandung banyak keutamaan pada umat muslim jika rutin dibaca setiap saat. Seperti Syafaat yang dijanjikan oleh Rasulullah SAW bagi orang-orang yang senantiasa bersholawat kepadanya, serta terdapat obat penyembuh sakit bagi yang sering membaca sholawat.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam Al Quran surah Al-Ahzab ayat 56.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya,” (QS.33-56).

Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam bersada:


أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً

Artinya: “Orang yang paling berhak mendapatkan syafa’atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku.” (HR. Tirmidzi).

Ada beragam jenis bacaan shalawat Nabi yang bisa dilafalkan. Mulai dari shalawat Nabi atau sholawat Nabi yang sering dilafalkan saat shalat, shalawat Nariyah, Tibbil Qulub, dan Matsurah.

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa’ala ali Muhammad

Artinya: “Ya, Allah. Beri-lah selawat [sanjungan] kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada keluarga Nabi Muhammad SAW.”

Selain itu, kita juga bisa lafal shalawat dan salam dengan fi’il madhi atau fi’il amr.

1. Bacaan Shalawat Nabi dengan Fi’il madhi

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin wa ‘alā ālihī wa shahbihī wa sallama

2. Bacaan Shalawat Nabi dengan Fi’il amr

اللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ

Allāhumma shalli wa sallim wa bārik ‘alā sayyidinā Muhammadin wa ‘alā ālihī wa shahbihī.

3. Shalawat Syifa

Diambil dari bahasa Arab, syifa artinya adalah obat. Shalawat satu ini disebut juga sebagai shalawat Thibib al-Qulub dan Shalawat Nur al-Abshar. Melantunkan shalawat ini bisa memberikan ketenangan batin, ketentraman, dan menyembuhkan penyakit hati.

Berikut bacaan shalawatnya

Allahumma shalli ‘ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa’afiyatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshari wa dhiya-iha wa ‘ala alihi washahbihi wa bariik wa sallim“.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, sebagai dokter hati dan menjadi obatnya. Obat untuk badan dan penyembuhnya, cahaya segala penglihatan dan menjadi sinarnya. Semoga keberkahan dan keselamatan dicurahkan pada keluarga dan sahabat-sahabatnya.”

4. Shalawat Nariyah

Bacaan shalawat nabi pendek satu ini dipanjatkan untuk mengharapkan kesejahteraan dan menghindarkan kesulitan.

Bacaan shalawat nariyah:

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button