Kajian Jum'at

Pakai Mukena Warna-warni saat Tarawih Bisa Berdosa, UAS Menjelaskan!

BATAMBicara | Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari saja, tentunya segala persiapan menyambut bulan suci tersebut harus dipersiapkan mulai dari sekarang.

Tidak terkecuali dengan sarana penunjang ibadah yang selama sebulan ini kita laksanakan baik siang dan malam hari nya seperti Tarawih.

Ternyata tarawih mengenakan mukena warna-warni bisa menjadi dosa lho bagi pemakainya, Ustadz Abdul Somad (UAS) menjelaskan hal tersebut.

Ketika bulan Ramadhan tiba, tarawih menjadi salah satu amalan yang menyempurnakan ibadah.

Hukum melaksanakan tarawih adalah sunnah muakkad, yaitu hukum yang sebenarnya tidak wajib namun wajib, karena tarawih hanya ada saat bulan Ramadhan.

Pada zaman milenial ini, bukan hanya sekedar baju yang mengeluarkan variasi terbaru, mulai corak, warna, dan pernak-pernik.

Namun juga, mukena sebagai salah satu syarat wajib dikenakan untuk melaksanakan sholat bagi perempuan umat Islam saat ini memiliki banyak variasi.

Mukena sekarang mulai beragam, entah itu perpaduan warna, potongan model, rancangan motif, dan sebagainya agar terlihat menarik.

Maka bagaimana hukum mengenakan mukena warna warni dalam Islam? Ustadz Abdul Somad menjelaskan.

Mengenakan mukena warna-warni sebenarnya sah dan diterima sholat nya, namun bisa berdosa jika memiliki ketentuan sebagai berikut.

Seperti, mengenakan mukena warna-warni yang dapat menganggu khusyu’ orang lain saat melaksanakan ibadah tarawih.

“Seharusnya khusyu’, tapi malah memperhatikan corak dan juga warna mukena tersebut,” ucap UAS.

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button