BATAMBicara

Eksklusif! Media Korsel Bongkar Kekejaman Kapal China Terhadap ABK Indonesia

Batambicara.id (7/5/2020) | Tahun silam pernah terjadi jasad ABK (anak buah kapal) Indonesisa dibuang kelaut. Kini kembali viral jasad ABK asal Indonesia juga dibuang ke laut oleh kru yang berada di kapal berbendera China.

Sebuah video yang dipublikasikan oleh media Korea Selatan memperlihatkan bagaimana jenazah Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia yang bekerja di kapal China dilempar ke tengah laut.

Video yang dirilis oleh stasiun MBC itu diulas oleh Youtuber Jang Hansol di kanal-nya, Korea Reomit, pada Rabu waktu setempat (6/5/2020).

Dalam video itu, kanal MBC memberikan tajuk “Eksklusif, jika 18 jam sehari kerja. Jika jatuh sakit dan meninggal, akan dibuang atau dilempar ke laut”.

Jang Hansol menunjukkan unggahan video eksklusifnya (tangkapan layar)

“Video yang akan kita lihat habis ini adalah kenyataan pelanggaran HAM orang Indonesia yang bekerja di kapal China,” ujar Hansol menirukan penyiar tersebut.

Dalam video itu, disebutkan MBC mendapatkan rekaman itu setelah kapal tersebut kebetulan tengah bersandar di Pelabuhan Busan.

Berdasarkan terjemahan yang disampaikan oleh Hansol, orang-orang Indonesia itu meminta bantuan kepada pemerintah Korea Selatan dan media setempat.

Media Korsel menyiarkan video eksklusif unggahan Jang Hansol (tangkapan layar)

Pada awalnya, pihak televisi tidak bisa memercayai rekaman itu.

Apalagi ketika dilakukan pemeriksaan, kapal itu disebutkan sudah kembali berlayar.

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed