BATAMBicara

Warga Venezuela Beli BBM Pakai Rokok, Karena Uang Tak Laku

Batambicara.id (29/10/2019) | Mulai tanggal 01 Januari 2020, Indonesia akan menaikkan cukai rokok. Hal itu akan mengakibatkan harga eceran rokok akan meningkat drastis. Namun berbeda halnya dengan sebuah negara Venezuela. Kini, Pemilik kendaraan di Venezuela bisa membeli bahan bakar minyak (BBM) menggunakan sebatang rokok. Tidak hanya rokok, pemilik kendaraan juga bisa menukar makanan dan permen untuk membayar bensin di stasiun pengisian bahan bakar.

Melansir dari CNN Indonesia, hal ini bisa terjadi di Venezuela karena saat ini negara tersebut sedang menghadai krisis ekonomi. Negara dengan nama lengkap Republik Bolivar Venezuela tersebut tengah mengalami hiperinflasi serta penurunan nilai mata uang. Organisasi Dana Moneter Internasional (IMF) telah memperkirakan inflasi di Venezuela dapat mencapai 200.000% tahun ini.

Kondisi ekonomi negara yang terus memburuk, serta menurunnya nilai mata uang Venezuela menyebabkan masyarakat tidak lagi mengandalkan uang sebagai betuk transaksi. Kini masyarakat Venezuela banyak menggunakan metode barter (tukar) dalam bertransaksi.

Karenanya, bagi mayoritas masyarakat yang tidak memiliki uang tunai, mereka dapat menyerahkan satu tas berisikan nasi, minyak goreng, atau apa pun yang bisa ditukarkan kepada petugas SPBU untuk membeli bensin.

“Anda dapat membayar (bensin) dengan sebatang rokok,” kata Orlando Molina yang sedang mengisi subcompact Ford Ka di Caracas, dikutip Senin (28/10).

Diketahui, krisis ekonomi di Venezuela semakin parah, menyebabkan jutaan masyarakat Venezuela telah melarikan diri dari negaranya dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini mereka lakukan untuk menghindari upah yang rendah, rumah sakit yang rusak, dan kurangnya keamanan di negara itu.

Padahal dulunya Venezuela merupakan negara yang sangat kaya dengan cadangan minyak terbesar di dunia. Namun, ekonomi negara tersebut jatuh karena adanya korupsi selama dua dekade dan salah urus di bawah pemerintahan sosialis.

Kini inflasi dan devaluasi mata uang membuat harga bensin jatuh. Membuatnya (bensin) dibeli oleh masyarakat menggunakan rokok. **

Artikel ini dapat juga dilihat di detikfinance
Gambar utama : dw.com

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed