oleh

Masjid Jabal Nur Villa Mas Membuka “Zakat On The Road” Untuk Memudahkan Pembayaran Zakat Fitrah

Batambicara.id (13/5/2020) | Batam – Zakat Fitrah adalah zakat yang harus ditunaikan bagi seorang muzakki (orang yang membayar zakat) yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikannya. Zakat fitrah adalah zakat wajib yang harus dikeluarkan sekali setahun yaitu saat bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri. Pada prinsipnya, zakat fitrah haruslah dikeluarkan sebelum sholat Idul Fitri dilangsungkan. Hal tersebut yang menjadi pembeda zakat fitrah dengan zakat lainnya.

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mewajibkan zakat fithrah dengan satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum bagi hamba dan yang merdeka, bagi laki-laki dan perempuan, bagi anak-anak dan orang dewasa dari kaum muslimin. Beliau memerintahkan agar zakat tersebut ditunaikan sebelum manusia berangkat menuju shalat ‘ied.” Muttafaqun ‘alaih.
(HR. Bukhari dan Muslim).

Zakat fitrah berarti menyucikan harta, karena dalam setiap harta manusia ada sebagian hak orang lain. Oleh karenanya, tidak ada suatu alasan pun bagi seorang hamba Allah yang beriman untuk tidak menunaikan zakat fitrah karena telah diwajibkan bagi setiap muslim, laki-laki maupun perempuan, orang yang merdeka atau budak, anak kecil atau orang dewasa. Ini perkara yang telah disepakati oleh para ulama.

Hal ini disikapi oleh setiap amilin (orang yang bertugas menerima dan menyalurkan zzakkat di masjid maupun di mushalla yang ada di tanah air, termasuk di Kota Batam. Baznas Kota Batam juga jauh-jauh hari sebelum bulan Ramadhan selalu mengimbau kepada umat muslim agar membayarkan zakat baik berupa zakat maal maupun zakat fitrah yang dikeluarkan pada saat bulan Ramadhan.

Masjid Jabal Nur, Villa Mas Sungai Panas Kota Batam saat ini menerima dan menyalurkan zakat fitrah dari muzakki. Namun kali ini pengurus masjid termasuk para amilin penerimaan zakat fitrah dari pada muzakki selain dilakukan di Masjid, juga membuat stand “Zakat on The Road”

Pengurus masjid beserta perangkat RW dan RT mendirikan sebuah tenda kecil di tepi jalan perumahan, “hal ini untuk menjaga para muzakki dan masyarakat agar tidak terlalu banyak berkumpul di dalam masjid pada saat mereka hendak melakukan pembayaran zakat fitrah, serta juga memudahkan warga yang hendak melakukan pembayaran zakat ditengah pandemi ini,” ujar Badrizal Danil saat dihubungi tim BatamBicara.id

Ketua UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Masjid Jabal Nur, Badrizal Danil mengatakan, penerimaan zakat fitrah tahun ini memang sedikit beda dari tahun-tahun sebelumnya.

Ketua UPZ masjid Jabal Nur, Badrizal Danil (kiri) saat menyerahkan zakat maal kepada komisioner Baznas Kota Batam H. Ahmadin, MA, (dok/sentra/bb).

“Karena saat ini lagi musim wabah Covid-19, jadi kami berinisiatif mendirikan tenda stand zakat. Hal ini kami lakukan untuk menghindari orang-orang berkumpul didalam masjid. Selain tempat yang terbuka, masyarakat bisa langsung membayarkan zakat fitrahnya, sambil berlalu. Namun demikian kita tetap menjalankannya sesuai protap pencegahan terhadap pandemi”, lanjutnya.

Menurut Danil pembayaran zakat fitrah yang wajib bagi kaum muslimin ini tidak akan terhalang karena adanya pandemi.

Tenda penerimaan zakat fitrah masjid Jabal Nur Villa Mas Sei Panas, (dok/sentra/bb).

“Bagi masyarakatpun, sekiranya tidak bisa atau tidak ada waktu untuk singgah di tenda yang dipinggir jalan masuk ke masjid ini, panitia bersedia menjemput kerumah-rumah” ujarnya melanjutkan pembicaraan.

“Dan sebaiknya bagi masyarakat tunaikanlah segera zakat fitrah sebelum jelang akhir Ramadhan, selain memudahkan kita untuk membagikannya kepada mustahiq (orang yang berhak menerima zakat), mereka (mustahiq) juga dapat memanfaatkannya sebelum idul fitri tiba”, pesan Danil. (Skn/bb) **

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed