oleh

Waspada Gelombang Laut Kepri, Ombak Hingga 4 Meter

Batambicara.id (15/12/2019) | Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kantor Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) kembali mengingatkan warga Kepulauan Riau (Kepri) untuk selalu waspada.

Terutama kepada pelaku transportasi laut, sebab tinggi gelombang saat ini mencapai 4 meteran di perairan Tenggara Dabo Singkep dan sebelah utara perairan Kabupaten Kepulauan Natuna.

Mengutip ProBatam.co, Forecaster BMKG Hang Nadim Batam, Aprilia mengatakan dalam pantauan satelit peramal cuaca (forecaster) BMKG Hang Nadim terungkap terdapatnya daerah pusaran angin Siklonik di wilayah Kepulauan Riau sehingga menyebabkan adanya penumpukkan massa udara.

Kelembapan udara yang cukup tinggi itu juga menambah peluang pembentukan awan-awan hujan di wilayah Kepulauan Riau serta wilayah Batam yang hujan setiap hari dengan intensitas curah yang deras.

Dan secara umum kondisi cuaca di Kepri mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

“Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan diimbau agar waspada terhadap gelombang tinggi di wilayah perairan Bintan, Natuna dan Anambas serta potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir di Kepri,” kata Aprilia melalui telepon, Sabtu (14/12).

Hal ini yang disampaikan seorang Nakhoda kapal Tugboat kepada Batambicara.id, yang mengarungi selat Gelasa, Kepulauan Bangka-Belitung hingga melintasi Selat Lima di Kepulauan Lingga, Kepri. “Mulai dari lepas alur Belitung hingga mendekati pulau Dabo Singkep, Lingga, lebih kurang 2 hari 3 malam kami di terpa ombak dan alun hingga mencapai 0,8 – 1,5 meter”.

Video tangkapan layar perairan selatan Natuna (dok/bb.id)

Selain Natuna, tinggi gelombang juga terjadi di perairan Anambas yang mencapai 3 meteran, perairan Kabupaten Bintan dan Tanjungpinang mencapai 2 meteran.

Kemudian Lingga dan Karimun mencapai 2 meteran dan terakhir di perairan Batam yang mencapai 1 meteran.

Untuk itu BMKG mengimbau agar warga Kepri selalu waspada dan berhati-hati saat menjalankan aktivitasnya, terutama yang bersinggung langsung dengan kelautan. **

Gambar utama: gelombang air laut (ilustrasi/pixabay.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed