oleh

Warga Batam Sudah Bisa Miliki Smart SIM

Batambicara.id (12/10/2019) | Batam – Mabes Polri sudah meluncurkan Smart Surat Izin Mengemudi (SIM) beberapa bulan lalu. Smart SIM ini sudah bisa didapatkan warga Batam dan berlaku bagi yang membuat baru atau untuk memperpanjang SIM. Smart SIM ini merupakan terobosan baru dari Kepolisian RI, sebagai penyempurnaan dari SIM yang lama.

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati mengatakan Smart SIM sudah disinkronisasi dengan data di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam. Pada Smart SIM ini ada berupa chip yang berfungsi sebagai bank data, sehingga data-data pelanggaran akan terekam dengan baik.

“Smart SIM juga akan merekam data pelanggaran yang dilakukan pengendara, Smart SIM juga bisa digunakan untuk pembayaran non tunai seperti pembayaran tilang dan lain sebagainya” ujarnya pada Kamis (10/10/2019), dikutip dari Kumparan.

Smart Surat Izin Mengemudi (SIM)

Lebih lanjut, Putu menjelaskan bahwa perpanjangan SIM bisa dilakukan di pelayanan SIM keliling ataupun di kantor Satlantas Polresta Barelang. Walupun warga Batam sudah bisa mendapatkan Smart SIM, namun menurutnya warga jangan terburu-buru untuk mengganti SIM yang lama dengan Smart SIM. “Tunggu saja sampai habis masa berlaku SIM yang lama jangan terburu-buru karena tampilan yang menarik” kata Putu.

Putu juga mengungkap untuk biaya pembuatan Smart SIM tidak ada perubahan sama seperti pembuatan SIM sebelumnya cuman berbeda di masa berlakunya saja.”Untuk biaya Smart SIM sama seperti sebelumnya tidak ada biaya tambahan, cuma ada sedikit perubahan dimana berlakunya dimana SIM yang lama akan jatuh tempo pada tanggal lahir si pemohon, tetapi untuk Smart SIM akan jatuh tempo pada saat pembuatannya” jelasnya. **

Gambar utama : Uji kelayakan salah satu pemohon untuk memperpanjang masa berlaku SIM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed