BATAMBicara

April 2020, Pemerintah Memberlakukan Aturan Blokir Ponsel BM

Batambicara.id | – Pemerintah melalui Menkominfo secara resmi telah mengeluarkan aturan blokir ponsel Black Market (ponsel BM) melalui IMEI (International Mobile Equipment Identity). Dengan berlakuknya aturan ini, maka  per April 2020 seluruh ponsel BM tidak bisa lagi digunakan di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, peraturan ini ditetapkan agar persaingan usaha ponsel di Indonesia menjadi sehat dan konsumen lebih dilindungi dari sisi orisinalitas produk.

Menurutnya, pelanggan tidak perlu khawatir akan terdampak apapun. Apalagi bagi mereka yang membeli ponsel dari luar negeri untuk digunakan secara pribadi. Meski demikian, diimbau agar masyarakat membeli ponsel di toko resmi.

“Yang tidak ya enggak ada masalah, pelanggan tidak perlu melakukan apa-apa. Tidak perlu khawatir,” tutur Rudiantara di Jakarta, Jumat (18/10).

Berikut ciri-ciri ponsel yang termasuk ponsel black market, yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Tidak ada garansi
  2. Tidak memiliki IMEI
  3. Harga lebih murah

Jadi jika ingin mengetahui sebuah ponsel black market atau tidak, Anda bisa mengecek seri atau model ponsel di situs resmi distributor/produsen dalam negeri. Jika seri atau model tidak ada di situs resmi, dapat dipastikan bahwa ponsel tersebut adalah ilegal.

Sumber : Merdeka

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed