BATAMBicara

Viral..! Dua Pemuda Ancam Presiden

Dua Pasal Penghinaan Presiden di Setujui Masuk KUHP.

Pasal pertama yang disepakati adalah pasal 238 dalam draf RUU KUHP yang berbunyi:

Pasal 238
(1) Setiap orang yang di muka umum menghina presiden atau wakil presiden dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau pidana denda paling banyak kategori I pejabat.

(2) Tidak merupakan penghinaan jika perbuatan sebagaimana dimaksud ayat (1) jelas dilakukan untuk kepentingan umum atau pembelaan diri.

Batambicara.id (13/5/2019) | Hukum – Masih ingat pemuda berwajah oriental yang mengancam dan ingin menembak presiden Joko Widodo? Dalam video yang berdurasi 19 detik itu terdengar ancaman-ancaman yang dilayangkan remaja berinisial RJ tersebut yang diarahkan ke foto Presiden Jokowi.

Bahkan, remaja yang berkacamata itu mengatakan ia akan menusuk dan menembak Presiden Jokowi.

Video RJ, saat mengatakan Jokowi kacung dia, (dok: video/tangkapan layar/youtube)

“Gue tembak orang ini. Gue pasung, ini kacung gue, kacung gue. Gue lepasin kepalanya,” teriaknya di dalam video.

Menurut ketua KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia ) Susanto, remaja yang sempat di cari oleh pihak kepolisian itu, masih dibawah umur dan dikategorikan hanya kenakalan anak-anak semata, untuk menunjukkan kepada temannya bahwa dia sudah berani melakukan (penghinaan) terhadap seorang kepala negara tersebut.

KPAI juga mengatakan bahwa pihaknya dan kepolisian sudah memaafkan kelakuan remaja tersebut, karena dikategorikan masih usia anak dan tidak bisa untuk memenjarakannya.

Namun lain halnya yang dialami seorang pemuda berinisial HS, yang juga mengancam orang nomor satu di Indonesia tersebut.

HS ditangkap di Parung, Bogor, pagi pukul 08.00 WIB (12/5/2019). Penangkapan itu dilakukan oleh tim dari Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya. HS diduga mengancam Jokowi seperti dalam video yang viral beredar di media sosial.

Seperti yang dikutip dari detik.com, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, mengatakan ucapan HS, ‘Dari Poso nich, siap penggal kepala Jokowi, Jokowi siap lehernya kita penggal kepalanya demi Allah’,”

Polisi telah menetapkan HS sebagai tersangka. “Sudah ditangkap, berarti sudah (tersangka),” tambah Argo. 

Saat ini HS masih menjalani pemeriksaan awal. Argo mengaku akan menggelar konferensi pers terkait hal ini esok hari, Senin, 13 Mei 2019.

“Masih diperiksa. Besok, hari ini Senin (13/5/2019), konpers (konferensi pers),” kata Argo.

Video yang nampaknya direkam di kerumunan masa itu, secara jelas memperlihatkan pria berjaket coklat, memakai peci hitam memberi ancaman pada Presiden Jokowi.

Video tersebut diupload Permadi Arya alias Abu Janda di akun Twitternya, @permadiaktivis. Dalam video berdurasi 20 detik tersebut, tampak pria berjaket cokelat tersebut menyerukan akan memenggal kepala Presiden Jokowi.

Mengenai penangkapan HS, beberapa natizen memberikan tanggapan, ada yang mencela dan tidak sedikit pula yang memberi dukungan semangat.

Seperti akun Twitter @Dahnilanzar, “jelas yang dilakukan anak ini (HS) salah dan melanggar hukum harus ditindak.
Namun pertanyaannya bagaimana dengan Nathan yang akan membunuh @fadlizon dan seorang anak yang menyebut Presiden sebagai Kacung dia. Apakah mereka diperlakukan sama dan ditangkap..??? **

(Sumber video : LensaWarga.com)

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed