BATAMBicara

SAMPAH Well.. Letʼs Start The Topic!

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarkatuh.

Segala Puji bagi Allah Rabb semesta Alam.. Dalam topik pertama ini, saya akan membahas sesuatu hal yang tidak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan sering kali kita temukan dan lihat. Juga banyak permasalahan yang timbul karena hal ini, seperti bencana alam banjir, pencemaran lingkungan, dan lain sebagainya. Namun, bila dilihat dari sisi yang lain, sesuatu yang akan saya bahas ini juga menimbulkan beberapa tips menarik yang bisa kita coba praktekan dalam kehidupan sehari-hari, seperti melakukan daur ulang, kompos, dan lain-lain. Ada yang tau topik apa yang akan saya bahas? YA, Benar! Topik yang akan saya bahas dikali yang pertama ini adalah SAMPAH well.. Letʼs start the topic!

What is Trash?
Apa itu sampah? Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia yang terkadang merupakan sesuatu yang sudah tidak dapat digunakan, tidak disayangi, dan tidak disukai lagi. Yang dibuang dari kegiatan Manusia dan tidak terjadi dengan sendirinya [Chandra,2006]

Why there is Trash?
Kenapa sampah ada dalam kehidupan? Mudah sekali! Karena disebabkan dari kehidupan sehari-hari manusia, yang kebanyakannya menghasilkan sampah dari kegiatan yang dilakukan.

Kinds Of Trash
Sampah tidak hanya memiliki satu jenis. Sampah memiliki 2 macam jenis, yaitu: Sampah Padat [Anorganik], yang berasal dari bahan-bahan Anorganik, seperti bahan logam, plastik, kaca, karet, dan kaleng. Sampah Basah [Organik], yang berasal dari bahan-bahan Organik, seperti makanan, sampah daun, sampah kain bekas, dan lain-lain.

Trash Causes
Dan perlu kalian ketahui, sebagaimana yang sudah saya singgung di awal pembukaan sebelumnya. Sampah dapat menimbulkan beberapa, bahkan banyak permasalahan yang sampai saat ini, di negeri kita yang kita cintai, Indonesia saja masih belum bisa ditangani, di antaranya adalah:
Tumpukan sampah yang sering kali kita temui, ternyata merupakan tempat berkembangbiakanya hewan penyebar penyakit, seperti nyamuk, kecoa, lalat, dan tikus. Hewan-hewan tersebut bisa menjadi perantara bagi kuman penyakit untuk menyebabkan infeksi pada manusia
Banjir, ini akibat yang sangat populer. Termasuk yang sering terjadi pada kota-kota di negeri kita ini. Yang sebenarnya, banjir ini bisa dihentikan dengan semangat yang kita punya untuk membuang sampah pada tempatnya :]
Polusi. Akibat yang lebih populer dari pada banjir. Polusi adalah udara kotor yang tidak sehat untuk manusia atau tidak sehat untuk dihirup manusia yang disebabkan oleh sampah juga.
Dapat membunuh hewan laut. Loh kok bisa membunuh hewan laut? Karena sampah yang dibuang ke dalam laut atau sungai seperti, membuang plastik tali-tali untuk menangkap ikan yang sudah rusak, bisa mengikat dengan tidak sengaja kepada hewan-hewan laut. Atau tutup botol plastik dan sedotan plastik yang bisa tidak sengaja tertelan ikan atau hewan laut lainnya yang sedang makan dapat menyebabkan hewan laut tersebut tersedak dan mati.
Infeksi atau penyakit-penyakit lainnya, seperti diare, demam berdarah, dan lain sebagainya.

Recycle Trash
Nah, tapi jangan putus semangat dulu teman-teman! Karena ternyata sampah yang tersebar di bumi tempat kita tinggal ini, dapat didaur ulang loh! Selain kita yang harus membuang sampah pada tempatnya agar tidak mencemarkan lingkungan, pendaur ulangan sampah juga bisa menjadi solusi yang sangat baik untuk permasalahan sampah ini.
Kalian tau tidak apa itu daur ulang?
Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu barang bekas menjadi bahan baru. Dengan tujuan, mencegah adanya sampah yang sebelumnya tidak berguna menjadi sesuatu yang bisa bermanfaat.

Bagaimana cara mendaur ulang sampah?
Banyak cara untuk mendaur ulang sampah. Di antaranya yang saya ketahui adalah:
Menjadikan botol plastik sebagai pot tanaman atau tanaman air,
menjadikan kantong plastik menjadi jas hujan darurat,
menjadikan tempat telur menjadi penubuhan akar tumbuhan
menjadikan botol plastik sebagai tempat pensil,
dan menjadikan sampah organik [basah] sebagai pupuk kompos bagi tanaman

Compost
Pada pembahasan sebelumnya, kita menyebutkan pupuk kompos yang bisa dihasilkan dari sampah organik, atau sampah basah.
Sebenarnya apa sih pupuk kompos itu?
Pupuk kompos adalah salah satu pupuk organik buatan manusia yang dibuat dari proses pembusukkan sisa-sisa bahan organik seperti tanaman maupun makanan. Kompos sendiri memiliki 4 macam, yaitu:
Pupuk kompos aerob
pupuk bokashi
vermikompos
pupuk organik cair

Dan perlu kalian ketahui juga, kompos termasuk pendaur ulangan sampah yang sangat baik. Karena kompos dapat terbuat dari berbagai macam sampah yang sering kali terlalaikan dalam kehidupan kita, seperti sayuran-sayuran, hingga daging busuk. Bahkan kertas bekas atau tisu yang sudah tidak terpakai lagi, dedaunan serta rumput, potongan kayu, bumbu dapur yang sudah kadaluarsa, dan bulu hawan yang rontok pun dapat kita jadikan sebagai pupuk kompos.

Another Topic
Kita masuk ke topic tambahan sebelum akhirnya kita tutup dengan kesimpulan, seperti apa yang harus kita lakukan untuk mengurangi plastik? Banyak hal yang bisa kita lakukan, seperti membawa totebag untuk belanja.
Wait, what in the world is a tote bag?
Problebly most of you know what is a tote bag, am i right? Ya, Totebag ini adalah pengganti kantong kresek atau kantong plastik yang terbuat dari bahan atau kain yang dapat dicuci. Sehingga, penggunaan plastik akan betul-betul terminimasilir dengan penggunaan totebag. Secara,setiap hari pasti aja ada yang belanja dan menggunakan kantong plastik untuk membungkus belanjaannya.

Juga, membawa tempat atau botol minum sendiri dari rumah ketika kalian ingin ke toko kopi atau toko minuman yang sekarang banyak beredar. Karena penggunaan botol plastik sangat meningkat sejak beredarnya toko-toko minuman atau cafe. Terlebih jika pembelinya tidak memperhatikan di mana mereka akan membuang sampah botol bekas mereka minum tersebut. Bahkan, saya sarankan untuk membawa botol minum berisi air putih sendiri dari rumah jika memang hanya berniat membeli air putih kemasan ketika makan di suatu restoran atau warung makan. Sehingga, sampah botol plastik pun dapat terminimalisir dengannya.

Kesimpulan
Sudah paham kan teman-teman apa itu sampah dan cara mencegah pencemaran karenanya? Maka, kesimpulannya adalah buanglah sampah pada tempatnya. Namun, bukan hanya melempar sampah ke tempat sampah yang pada akhirnya tidak masuk ke tempat sampah. Tapi, betul-betul kita usahakan sampah yang kita akan buang itu masuk ke tempatnya. Karena dengan membuang sampah pada tempatnya, kalian juga dapat membantu pemulung dan tukang sampah, sehingga mempermudah pekerjaannya mereka.
Dan hanya dengan memungut 1 atau berapa sampah yang ada di sekitar kita dan memasukkannya ke dalam tong sampah, dapat menyelamatkan dunia ini, seperti kita akan nyaman melihatnya jika negara atau kota kita bersih, tidak ada polusi, tidak ada banjir, tidak ada kematian hewan hanya karena masalah sepele, atau hanya karena sampah yang kita buang tidak pada tempatnya. Semua dimulai dari diri kita sendiri, you dont know how it means to them, to us, to the animals, and to the future.
Allah Taʼala menyukai kebersihan, dan kebersihan termasuk sesuatu yang baik. Rasulullah salawllahu alaihi wassalam bersabda : “Dari Abu Hurairah radiawllahuanhu ia berkata, Rasulullah salallahu ‘alaihi wasalam bersabda: “Sesungguhnya Allah Taʼala itu Maha Baik dan tidak menerima kecuali yang baik pula“ HR. Muslim

Cukup sekian dari saya, think wide open, your not going to get Hack anyway

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ksmaheswara

Writer : Khairani Maheswara (Kelas 6 SD Berkemas Jakarta)

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed