oleh

Pelaku UKM Mikro Bersiap-siap Terima Dana Bantuan dari Dinas Koperasi, Siapkan Syarat Berikut!

BATAMBicara | Batam – Kementrian Koperasi dan UKM RI akan mengucurkan bantuan kepada pelaku usaha kecil dan menengah. Hal tersebut disampaikan oleh Efriadi dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Batam. Ahad (16/8) kepada Batambicara melalui pesan WhatsApp.

Efriadi memberikan penjelasan dari surat izin usaha bagi pelaku usaha kecil dan menengah tentang usulan nama pelaku usaha kecil dan menengah yang akan mengajukan bantuan dari Kementrian Koperasi dan UKM RI, kepada para pelaku usaha. “Bapak dan ibu yang memiliki usaha seperti pembuatan kerupuk, menjahit, jualan ayam penyet, warung kopi atau sarapan, jualan air pop ice dan gorengan atau usaha yang sifatnya mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi, bisa mengajukan sebagai calon penerima bantuan ini,” ungkapnya.

Adapun syarat-syaratnya adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki usaha kecil/mikro yang dibuktikan surat keterangan Lurah/Camat, sebelumnya melalui pengantar RT dan RW setempat.
  2. Fotokopi KTP dan KK
  3. Mengisi surat pernyataan usaha
  4. Melampirkan fotokopi buku tabungan jika ada.
  5. Foto usaha kecil/mikro tersebut di rumah atau tempat usaha.
  6. Belum terakses kredit perbankan.

Efriadi menuturkan, jika ada yang berkenan untuk mendapatkan bantuan usaha ini, bisa langsung datang ke kantor Lurah, dimana tempat usaha tersebut berada. Selanjutnya meminta formulir surat pernyataan serta surat keterangan usaha itu.

“Bapak dan ibu cukup melampirkan beberapa persyaratan ketika meminta formulir, yang nama formulir nya, ‘formulir program bantuan bagi pelaku usaha mikro’ di kantor Lurah,” tambahnya. Yang perlu dilampirkan adalah:

  1. Foto copy KTP
  2. Foto copy buku tabungan dan foto copy saldo terakhir.
  3. Foto tempat usaha.
  4. Materai 6000
  5. Pas foto 3×4 satu lembar.

Sebagai catatan, Efriadi menegaskan, bahwa
Yang menentukan lolos tidaknya menjadi penerima bantuan, itu menjadi hak dari Kementrian Koperasi dan UKM RI.

Menyikapi hal ini, Lurah Tiban Lama, Firman Hidayat, menyambut baik dan memberi apresiasi kepada para pelaku usaha kecil dan menengah wilayah Kelurahan Tiban Lama, Kecamatan Sekupang, khususnya.

Firman berharap bantuan ini benar dan nyata usahanya. “Kita rencana panggil RT dan RW bersama dinas terkait, dalam hal ini Dinas Koperasi dan UKM Kota Batam, Insya Allah hari Rabu (19/8) nanti. Mereka (dinas koperasi) akan sosialisasi dan pendataan melalui perangkat (RT dan RW) kelurahan,” imbuh Firman.

Lebih jelasnya, menurut Firman usaha yang bakalan mendapat bantuan dana senilai 2,8 juta, tersebut tidak ada yang fiktif. “Setelah pendataan nanti, dinas akan men-survey usaha pengolahannya. Jadi usahanya nyata langsung kepada pelaku usaha tersebut”, ungkapnya.

Bagi yang berminat, sambung Firman. “Silahkan mendaftarkan di kelurahan dan kecamatan untuk di verifikasi data. Kami tunggu paling lambat akhir bulan Agustus ini. Dan kalau bisa data perkecamatan di gabung agar mudah di awasi”, tutup Firman. (rzl/bb)

Editor: saut/bb

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed