BATAMBicara

Kegiatan Penguatan Kelembagaan Kelompok Usaha Melalui Pembentukan Koperasi Provinsi Kepri

Batambicara.id (5/11/2019) | Bintan – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melalui Dinas Koperasi mengajak para pengusaha baik mikro, kecil dan menengah untuk mengikuti kegiatan penguatan kelembagaan kelompok usaha melalui pembentukan Koperasi.

Acara yang berlokasi di Lohas Wellness Village Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (5/11), ini banyak mengupas tentang pentingnya bagi kelompok usaha untuk mendirikan Koperasi.

Dihadiri dari berbagai perwakilan usaha kelompok yang akan membuat Koperasi. Dari Batam hadir 10 orang dan satu orang dari Dinas Koperasi Kota Batam Ibu Ruziana.

Sedangkan dari GMKM (Gemilang Masyarakat Kepri Madani) dihadiri Sdr Rizaldi Chan, selaku Ketua.

Acara yang dimulai pukul 08.00 s/d 15.00 Wib, ini disampaikan seorang pemateri dari Bekasi, Jawa Barat, Salam Selekan. Beliau sangat semangat memberikan tips bagaimana sebuah kelompok usaha dapat bertahan dan tetap menghasilkan pundi-pundi Rupiah serta memenej sebuah tim dalam menghidupkan Koperasi.

Menurut Selekan banyak keunggulan jika memilih Koperasi sebagai badan usaha dan badan hukum, pertama Koperasi kekuatannya ada pada anggota, kemudian Koperasi selain badan usaha juga berbadan hukum dan Koperasi bisa membentuk PT (Perseroan Terbatas). Tapi PT tidak bisa membentuk Koperasi.

“Jika di dasari dengan niat yang benar, pengurus yang jujur dan amanah juga berkompeten, maka Koperasi akan maju dan berkembang pesat”, ungkap Selekan.

Selain memberikan wawasan tentang Koperasi yang berbadan hukum lebih luas lagi, Selekan juga memberikan tips dan semangat kepada hadirin dari berbagai kota dan kabupaten se-Kepri yang hadir. “Sudah banyak Koperasi yang beromset ratusan milyar dan anggotanya ribuan orang, ini menunjukkan Koperasi akan berhasil jika dikelola dengan benar, amanah dan jujur”, tuturnya.

Ketua GMKM Rizaldi Chan mengatakan, “acara ini adalah memberikan edukasi terhadap pelaku usaha kelompok agar berbadan hukum, salah satunya adalah Koperasi. Koperasi adalah badan usaha dan badan hukum”.

“Ini sangat memberikan semangat kepada kita untuk mendirikan, membina kelompok usaha yang nantinya akan berbadan hukum dalam koridor Koperasi.

Hal ini akan saya sampaikan kepada kawan-kawan di Batam, untuk mengembangkan kelompok usaha kami supaya bisa menghasilkan milyaran seperti yang di sampaikan oleh pemateri tadi”, cetus Rizaldi. (Rzl/Sk) **

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed