BATAMBicara

Buas! 70 Orca Memangsa Paus Biru di Tengah Keindahan Laut Australia

BATAMBicara | Ilmuwan kelautan Kristy Brown, menyimpulkan, ada 70 paus orca memburu dan membunuh paus biru di lepas pantai selatan Australia Barat selama beberapa jam pada pertengahan Maret silam.”Orca-orca itu punya rencana dan bagaimana ini bisa terjadi dalam sekilas tentang kehidupan predator puncak samudra,” kata Brown, dalam lansiran National Greografic Indonesia.

Ini adalah salah satu dari beberapa kali aksi predasi orca di lautan yang pernah terekam kamera. Dalam aksi kali ini, beberapa kelompok orca bergabung untuk menjatuhkan paus biru remaja di Bremer Canyon, bagian laut yang berjarak sekitar 25 NM (Nautika Mile) dari lepas pantai.

“Kami melihat alam dalam segala kemuliaan Nya, yang kejam dan indah,” tulis Brown dalam sebuah blognya tentang kejadian tersebut, sebagaimana dilansir ABC.net.au. Momen itu secara kebetulan disaksikan oleh para ilmuwan dan turis di atas kapal wisata Naturaliste Charters Bremer.

Pemburuan serupa juga pernah terjadi pada tahun 2019. Momen tersebut diyakini sebagai pertama kalinya paus orca atau paus pemburu difilmkan sedang menyerang paus biru kerdil (pygmy blue whale).

Adapun momen penyerangan 70 paus orca pada seekor paus biru remaja di Australia baru-baru ini diyakini merupakan serangan ketiga spesies tersebut yang diketahui di dunia hingga kini.

Saat itu kapal wisata Naturaliste Charters Bremer memang sedang mengadakan tur ke Bremer Canyon pada pagi hari. Lokasi ini merupakan hotspot kehidupan untuk orca, cumi-cumi raksasa, hiu, dan burung laut.

Brown mengatakan orca-orca itu tersebar tetapi melonjak-lonjak mengarungi lautan, tanda mereka sedang berburu atau siap berburu. “Hewan-hewan itu meledak dengan marah, lalu tiba-tiba melambat dan saat itulah kami melihatnya. Itu ada seekor paus biru,” tulisnya di blog.

Paus baru itu panjangnya sekitar 16 meter dan berusaha melawan paus-paus orca yang jumlahnya terus bertambah. “Paus biru itu benar-benar dikelilingi oleh orca-orca saat berenang,” katanya.

Brown mengatakan orca-orca dengan kejam merencanakan pembunuhan itu. Itu bukanlah sebuah pembunuhan cepat, tetapi memakan waktu beberapa jam.

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed