BATAMBicara

Gm Cafe Datangkan KH. Muhammad Idrus Ramli,Kajian Khusus

Batam Bicara. Id, KH. Muhammad Idrus Ramli memberikan Kajian Kepada Pemilik dan pelanggan Gm Cafe, Ahad ( 14/02/2021).

Kajian yang berlangsung dari pukul 16.30 WIB hingga 17.30 WIB itu membahas tentang “Cara Berdagang Seorang Muslim.”Makan bersama setelah pengajian di Gm Cafe

Dalam ceramahnya, KH. Idrus Ramli menyampaikan agar umat muslim harus jujur dan pantang menyerah dalam berdagang. Karena dulu Rasulullah SAW juga seorang pedagang.

“Rasulullah SAW itu adalah seorang saudagar, dan Beliau sangat jujur dalam berdagang. Jadi kita sebagai umatnya harus meniru cara Rasulullah SAW berdagang,” kata Ustad Ramli dalam ceramahnya.

Ustad Ramli mengutip sebuah hadis yang menganjurkan umatnya berdagang. ”Hendaklah kamu berdagang, karena di dalamnya terdapat 90 persen pintu rezeki,” hadist riwayat Imam Ahmad.

Dari Mu’az bin Jabal, Rasulullah SAW berkata, ”Sesungguhnya, sebaik-baik usaha adalah usaha perdagangan,” hadist riwayat Baihaqi.

Setelah ceramah, diadakan sesi tanya jawab oleh Panitia, bagi jama’ah yang ingin bertanya kepada Ustad Ramli.

Antusias jama’ah untuk bertanya cukup tinggi, karena memang banyak masalah fiqih agama di tengah -tengah masyarakat yang masih belum dipahami.

Dari tanya jawab yang terjadi, banyak sekali informasi yang bermanfaat bagi jama’ah yang selama ini belum diketahui, dalam praktek kehidupan sehari-hari.

Acara diakhiri dengan doa yang dipimpin langsung oleh KH.Muhammad Idrus Ramli. Tak lupa setelah acara berdoa, diadakan acara silahturahmi dengan makan bersama.

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed