oleh

Tips Buka Usaha dari Susi Dimasa Pandemi

BATAMBicara | Dimasa Pandemi Covid-19 saat ini yang sedang melanda dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Masa ini adalah masa sulit bagi sebagian orang, baik pekerja ataupun  pengusaha. Ada yang berkurang pendapatannya bahkan ada juga yang kehilangan pendapatan hingga pekerjaan.

Bagi yang ingin membuka usaha baru, yang sudah punya ide usaha sebaiknya usaha itu dijalankan.

Begini Tips dari Susi Pudjiastuti (ex menteri KKP) yang dapat membuka usaha di masa sekarang (pandemi). “Lihat lebih jernih tentang overall di sekeliling anda, apa yang anda bisa grab untuk do and making up something untuk your business. Kalau perlu saya pikir you new business ini, jangan ragu untuk investasi kalau sudah pikir itu baik,” ujar Susi dalam Women’s Roles in Business and Leadership during the Global Pandemic, Kamis (11/2).

Susi menyarankan terjun maksimal dalam menjalankan usaha, bila perlu jual aset tidak bergerak yang kamu punya.

Seperti menjual rumah bila kamu punya lebih dari satu rumah, jual mobil atau motor bila kamu memiliki lebih dari 1 mobil atau motor, dan buat itu sebagai modal usaha.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019, dan pemilik maskapai penerbangan Susi Air ini menilai, menjual rumah yang tidak ditempati untuk kepentingan usaha akan lebih baik. Begitu pula jika kamu punya kendaraan lebih dari satu.

“Kalau perlu jual aset, do it, karena aset mati saat pandemi ini it’s no use. Lebih baik anda punya cash to create business. I think that’s very important untuk yang baru-baru, karena banyak dari mereka kan baru memulai sebuah usaha,” pungkasnya.
“Misalnya sepeda motor punya empat, jual tiga buat modal kerja. Sama dengan rumah juga, apa anda punya rumah di beberapa kota yang bisa dikunjungi sekarang? tentu tidak,” sambung Susi.
Jangan takut untuk mencoba sebuah usaha, jangan terlalu banyak analisa tapi tidak pernah mencoba.
Susi juga mewanti tentu akan tidak mudah buat memulai usaha baru ini. Namun, kamu bisa bertahan dengan mengikuti transformasi yang terjadi.
“Susi Air transforming, saya juga transforming dari sebelumnya birokrat kembali ke usaha. Tapi usahanya sekarang menjadi influencer, menjadi host, the new job is exiting,” pungkas Susi Pudjiastuti.
Demikian tips yang Susi jelaskan, sekarang tinggal anda yang memutuskan untuk pengembangan usaha, atau anda juga larut dalam keterpurukan disebabkan pandemi sekarang? (bb.id)

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed