oleh

OK OCE Progresif Latih Wirausaha Dalam Metode Mentoring Selama 3 Bulan

BATAMBicara | Batam – Program OK OCE terus bergulir sampai saat ini, memasuki pekan ‘baru normal’ program yang dilahirkan oleh Sandiaga Uno ini bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja yang berbasis kewirausahaan di Indonesia dengan konsep ekonomi berbagi.

OK OCE Progresif dijalankan dengan ekosistem yang pada akhirnya akan memberikan manfaat ekonomi sekaligus manfaat sosial dan budaya untuk masyarakat Indonesia.

Dalam hal ini, OK OCE Progresif terus melakukan kegiatan dalam rangka pembinaan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Kota Batam. Jumat (19/6) di ruko GM Cafe Mega Legenda, Batam Center, Batam siang tadi.

Pembina Oke Oce Progresif Gunawan Sila, saat memberi pelatihan kepada peserta

Sekretaris umum OK OCE Progresif Marlina Ramli, mengatakan kepada BATAMBicara, “Dalam rangkaian ini kita adakan untuk mentoring (pelatihan) seminggu sekali bagi para Wirausaha yang ingin menghitung dan mengembangkan usahanya”.

Ia memaparkan, “program ini akan Kita jalankan selama 3 bulan, agar peserta nantinya akan di mentoring sesuai dengan permasalahan dan kondisi usaha masing-masing.

Lewat OK OCE Progresif peserta akan diberikan pelatihan kewirausahaan, hingga akhirnya bisa membuka usaha sendiri bagi pemula. Peserta pun akan dibekali izin usaha mikro usai mendapatkan pelatihan.

Dalam memberikan orientasi ini kita mentoring tentang HPP (Harga Pokok Penjualan), ini adalah hal inti yang harus diketahui pelaku UMKM. Meningkatkan kapasiti teman-teman, juga mengenai pengembangan usaha itu se diri.

Saat ini 23 anggota yang sudah tergabung akan diberikan mentoring seminggu sekali, mengingat akses pasar yang sudah meluas saat ini yang seharusnya kita kembangkan. Kita kawal mulai dari awal ia memulai usaha, sampai kita membantu untuk mengembangkannya. OK OCE Progresif juga meninjau langsung ke dapur produksi para pelaku UMKM. Sesuai target secara nasional OK OCE mampu menciptakan 2 juta lapangan kerja baru di seluruh Indonesia”.

Menurut Pembina OK OCE Progresif Gunawan Sila, “sesuai 7 langkah Pasti Sukses (7 PAS) harus benar-benar terlebih dahulu kita ikuti. Adapun metode 7 PAS tersebut adalah:

Pendaftaran, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, pelaporan keuangan, dan terakhir permodalan,” katanya siang itu dalam memberi orientasi pembinaan mentoring kepada peserta.

Gunawan menyimpulkan, “untuk mensederhanakan, dapat kita simpulkan
Ada 6 langkah yang akan Kita lakukan:
1. Pendataan; Sebagai langkah awal untuk mengetahui kondisi usaha Kita.

2. Pembahasan bisnis base on data.

3. Segmentasi pasar; Ini sangat perlu, Siapa yang beli produk Kita?

4. Bagaimana agar produk Kita di beli oleh pelanggan yang sudah kita identifikasi.

5. Menstabilkan produksi dan penjualan secara bersama untuk jangka panjang.

6. Membangun ekosistem pelanggan di luar group. Karena disini kita juga membutuhkan link, relasi dan sebagainya,” jelasnya. (saut/bb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed