oleh

Kemenhub Buat Aturan Baru Tiket Pesawat

Batambicara.id (30/3/2019 | Jakarta – Kementerian Perhubungan telah merilis dua aturan baru soal tarif penerbangan yaitu Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 20 Tahun 2019 dan Keputusan Menteri Nomor 72 Tahun 2019. Kedua aturan ini diluncurkan untuk menjawab persoalan mahalnya tiket pesawat yang menjadi keluhan masyarakat.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Nur Isnin Istiantono mengatakan, tata cara dan formulasi diatur dalam PM 20 sedangkan besaran tarif per rute dan jenis pesawat diatur dalam Kepmen 72. Menurutnya, perubahan tarif batas bawah tiket pesawat terjadi untuk beberapa rute. 

“Batas atas mayoritas tetap, batas bawah ada perubahan beberapa,” kata Isnin di kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat 29 Maret 2019.

Dalam batas-batas tersebut lanjut dia, ada ketentuan baru bahwa maskapai dalam menentukan tarif setiap rute harus mempertimbangkan empat hal. Di antaranya, masukan pengguna jasa alias konsumen, aspek perlindungan konsumen, perlindungan dari persaingan tidak sehat dan kewajiban melakukan publikasi dengan benar. 

Di satu sisi, pemerintah sebagai regulator bertugas untuk mengendalikan dan mengawasi. Sejauh ini, lanjut dia, tarif batas bawah masih sama seperti aturan sebelumnya yaitu 35 persen dari tarif batas atas.  “Rata-rata tarif batas bawah 35 persen dari batas atas. Berlaku hari ini. Semua maskapai berlaku,” ujar dia. 

Berdasarkan Keputusan Menteri Nomor 72 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri, diatur secara rinci tarif pesawat berdasarkan jenis pesawat hingga per rute di penerbangan domestik. Setidaknya ada tiga jenis pesawat yang diatur yaitu pesawat propeller < 30 seat, pesawat propeller > 30 seat dan pesawat jet. 

Seperti dikutip VIVA, misalnya rute Jakarta-Padang untuk pesawat propeller > 30 seat, tarif batas atas sebesar Rp2.608.000 dan tarif batas bawah Rp913 ribu. Tarif pesawat untuk rute lain ditetapkan berbeda-beda. (Viva)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed