oleh

Karyawan Damri Cabang Batam Bentuk Koperasi Syariah

Batambicara (19/3/2019) | Batam – Damri yang sudah terkenal sebagai angkutan transportasi darat di Indonesia, kini sudah merambah hampir ke beberapa daerah Kepri (Kepulauan Riau), seperti Tanjungpinang, Natuna, Lingga dan Dabosingkep.

Saat ini Damri cabang Batam sudah membentuk Koperasi yang beranggotakan 70 orang, yang di Ketuai Rizaldi Chan.

Koperasi Karyawan Damri Batam (Kopkardam) ini di bentuk agar seluruh karyawan bisa sejahtera dan terhindar dari rentenir.

Rizaldi Chan, ketua koperasi karyawan Damri cabang Batam

Ketua Kopkardam Rizaldi Chan saat di temui di Gm Cafe mengatakan “adapun kita bentuk koperasi ini guna menghindari kawan-kawan dari rentenir, karena saat ini hal semacam itu sudah menjamur di kalangan kita. Kopkardam ini berazas koperasi unit usaha syari’ah, yang mana kami akan menyediakan semacam sembako dan kebutuhan pokok lainnya yang di butuhkan karyawan, dan bukan bersifat simpan pinjam. Dari 70 karyawan yang aktif di dalam Kopkardam ini, anggota di kenakan iuran pokok sebesar Rp. 300.000,. Dengan iuran bulanan Rp. 30.000,. Tambah Rizaldi Chan juga seorang Kapten Trans Batam dengan nomor bus 62 jurusan Sekupang – Batam Centre ini.

“Koperasi ini sangat di dukung oleh managemen Damri cabang Batam, Arief Hermanto (GM Damri cabang Batam, red) memberikan lahan seluas 5 x 8 meter di area kantor Damri cabang Batam. Jl. Brigjend Katamso nomor 2. Tanjung Uncang, Batam. Untuk kantor Kopkardam tersebut”, tambah Rizaldi.

Kiri ke kanan : Drs. Johannes Ken (Manager Operasional), Herlambang (Kapten bis bandara), Arief Rahman (Gm Damri cab.Batam), Djoko Srinarpodo (Manager Teknik).

Manager operasional Damri cabang Batam Johannes Ken juga membenarkan dan sangat mengapresiasi serta mendukung penuh segala kegiatan yang menyangkut kesejahteraan karyawan Damri ini.

Tiga pokok dasar-dasar Kopkardam :

  1. Bebas riba;
  2. Mensejahterakan karyawan anggota;
  3. Tidak perlu modal banyak.

“Anggota Kopkardam juga berada di luar wilayah Batam, seperti Tanjungpinang, Lingga, Dabosingkep dan Natuna” tambah Rizal (sebutan kesehariannya) yang sudah bekerja di Damri selama 5 tahun ini.

“Antusias karyawan Damri sangat tinggi dalam Kopkardam ini, karena setiap ada pertemuan atau musyawarah selalu di hadiri 80% dari jumlah anggota koperasi” tutup Rizal.

Ketua Paguyuban Kapten Damri (PKD) Hendra Kisno mengatakan “Koperasi ini sangat di butuhkan seluruh karyawan Damri Batam, sehingga saya mendorong semua anggota paguyuban Kapten Damri agar terlibat di dalam koperasi ini”.

Anggota koperasi juga mengatakan “kami sangat bersyukur atas terbentuknya Kopkardam ini, semoga koperasi berjalan lancar, sesuai dengan harapan kita semua”. **

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed